Pemkab Kolaka serahkan KUA-PPAS tahun anggaran 2021

id ekonomi

Pemkab Kolaka serahkan KUA-PPAS tahun anggaran 2021

Suasana sidang paripurna DPRD penyerahan KUA-PPAS tahun 2021 (foto Antara/Darwis Sarkani)

Kolaka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menyerahkan dokumen rancangan kebijakan umum dan dan rancangan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) kepada DPRD setempat tahun anggaran 2021, Rabu.

Dalam penjelasanya Wakil Bupati Kolaka,Muhammad Jayadin di hadapan anggota DPRD dalam rapat paipurna itu mengatakan tema pembangunan dalam RKPD tahun 2021 yakni pengembangan kualitas pembangunan dan SDM untuk meningkatkan pelayanan publik.

Dengan fokus pembangunan, kata Jayadin, menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan pemerataan pembangunan dan SDM dengan agenda prioritas pemerataan infrastruktur dasar,peningkatan kualitas pelayanan dan pemerataan pendidikan kesehatan.

Selain itu kata Jayadin yang juga Ketua KONI kolaka itu penguatan ketahanan pangan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkelanjutan,peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19.

"KUA-PPAS kita sampaikan melalui rapat paripurna menjadi dasar penyusunan Raperda APBD tahun 2021 mendatang," katanya.

Hal ini dilakukan lanjut dia sebagai  salah satu upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah untuk pencapaian sasaran prioritas dan target kinerja pembangunan daerah yang serasi dan terintegrasi dalam RPJMD Kolaka tahun 2019-2024.

Jayadin juga menjelaskan penyusunan KUA-PPAS anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2021 sudah menggunakan sistem perencanaan penganggaran yang berbasis elektronik dengan aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri sesuai Permendagri Nomor 70 Tahun 2019.

" Dalam penganggaran tahun 2021 juga telah menggunakan nomenklatur program kegiatan dan sub kegiatan berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019," ungkap Jayadin.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar