Bamus agendakan paripurna pergantian ketua DPRD Kolaka

id dprd kolaka

Bamus agendakan paripurna pergantian ketua DPRD Kolaka

arsip - Suasana rapat paripurna gabungan komisi-komisi terkait pembahasan APBD perubahan yang dipimpin ketua DPRD Kolaka,Sainal Amrin, (foto Antara/Darwis Sarkani)

Kolaka (ANTARA) - Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kolaka, Sulawesi Tenggara, sepakat mengagendakan paripurna pergantian Ketua DPRD setempat pada Senin mendatang.



Rapat Bamus yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kolaka, Syarifuddin Baso Rantegau menyepakati paripurna usulan pergantian Ketua DPRD serta ketua Fraksi sesuai surat ketua DPC Gerindra tertanggal 17 September 2020 perihal pergantian ketua DPRD.



"Hasil rapat Badan  Musyawarah dewan di agendakan Senin depan kita laksanakan paripurna terkait surat DPC partai Gerindra yang masuk ke DPRD," katanya di Kolaka, Jumat.



Menurutnya DPRD hanya  menindaklanjuti surat DPC Gerindra perihal pergantian unsur pimpinan partai itu sesuai dengan mekanisme dan aturan melalui badan musyawarah.



Syarifuddin juga menjelaskan terkait pernyataan Ketua DPC Gerindra Kolaka Yusnan Gultom, tertanggal (18/9) lalu sehingga rapat Bamus sempat tertunda selesai dan dikonsultasikan kepada ketua DPC.



Senada hal itu, Anggota Bamus dan juga Anggota Fraksi Gerindra, Musdalim Zakir mengatakan surat kedua atau surat pernyataan Ketua DPC Gerindra Kolaka, Yusnan Gultom yang menyatakan dirinya tidak pernah melakukan pengusulan pergantian Ketua DPRD hanya untuk internal partai.



“Kalau surat kedua itu sudah dikonsultasikan dan tidak mempengaruhi surat pertama, karena surat kedua hanya surat pernyataan untuk internal Gerindra,” jelasnya.



Sementara anggota Bamus lainnya Kaharuddin,menjelaskan keputusan DPP Gerindra adalah adalah keputusan yang harus ditindaklanjuti.



“Ini adalah keputusan partai, keputusan DPP tertanggal 8 Februari 2020, ini harus ditaati dan ditindaklanjuti,” ungkap politisi Gerindra itu.



Untuk diketahui sebelumnya DPP Gerindra telah mengeluarkan SK bernomor 002-0005/Kpts/DPP-GERINDRA/2020, yang isinya mengganti posisi Sainal Amrin dari ketua DPRD Kolaka menjadi ketua fraksi Gerindra DPRD Kolaka.



Surat tertanggal 8 Februari 2020 itu diteken ketua DPP Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani yang menunjuk Saifullah Halik menjadi ketua DPRD Kolaka dan Sainal Amrin menjadi ketua fraksi Partai Gerindra.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar