BPJAMSOSTEK Kolaka bayarkan klaim Rp8,6 miliar

id BPJamsostek

BPJAMSOSTEK Kolaka bayarkan klaim Rp8,6 miliar

Ilustrasi layanan yang diberikan BPJAMSOSTEK kepada peserta (Antaranews Bali/Dok BPJAMSOSTEK/2020)

Kolaka (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Kolaka, Sulawesi Tenggara, melakukan pembayaran klaim sebesar Rp8,6 miliar dari Januari hingga Agustus 2020. 

Kepala BPJamsostek Kolaka, Bachtiar Asyhari di Kolaka, Selasa, mengatakan sejauh ini pembayaran klaim didominasi oleh program jaminan hari  tua untuk wilayah Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara.

Menurutnya pembayaran klaim jaminan hari tua terjadi disebabkan pandemi COVID - 19 yang menyebabkan meningkatnya jumlah karyawan yang dirumahkan.

"Pengajuan yang kami terima tidak hanya se-Kolaka Raya saja, tapi juga ada pengajuan dari Jakarta, Bogor, dan lainnya sehubungan dengan adanya program Lapak Asik yang memungkinkan para peserta untuk mengajukan klaim secara daring," katanya.

Bahtiar juga menjelaskan selama pandemi virus corona, BPJamsostek menerapkan pelayanan "Lapak Asik" yang memungkinkan para peserta untuk melakukan klaim secara daring tanpa perlu datang ke kantor.

Sebab melalui program "Lapak Asik",  kata dia, bisa membantu para peserta dalam mengajukan klaim dengan sistim daring sekaligus mendukung pemerintah dalam pencegahan dan memutus mata rantai COVID - 19.

" Dengan adanya program ini bisa mencegah percaloan," ungkap Bahtiar.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar