BPP - Perbarindo Sulawesi Tenggara dorong produktivitas UMKM dan wirausaha baru

id BPP,UMKM, Produktifitas, BPP Kendari, Perbarindo, Perbarindo Sultra

BPP - Perbarindo Sulawesi Tenggara dorong produktivitas UMKM dan wirausaha baru

Suasana pembukaan pelatihan peningkatan produktivitas pelaku UMKM dan wirausaha baru produktif (WBP) di Kendari oleh BPP Kendari, Rabu (12/8/2020). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari, menggandeng Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong produktivitas puluhan pelaku UMKM dan Wirausaha Baru Produktivitas (WBP) di tengah penerapan tekanan normal baru.

Kepala BPP Kendari, Andi Asriani Koke, mengatakan pelatihan peningkatan produktivitas tersebut dilakukan untuk meningkatkan daya saing UKM atau perusahaan melalui penerapan alat teknik dan metode peningkatan produktivitas.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan serta kualitas tenaga kerja dalam melaksanakan pekerjaan sehingga tercipta pekerja-pekerja yang sadar akan pentingnya peningkatan produktivitas dan mampu menjadi praktisi peningkatan produktivitas di UKM/perusahaan," kata Andi Asriani, di Kendari, Rabu.

Andi Asriani juga menjelaskan, bahwa pelatihan wirausaha baru produktif yaitu untuk meningkatkan kompetensi wirausaha baru dan pencari kerja dalam menjalankan usaha dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Peserta pelatihan ini sebanyak 45 orang, terdiri dari dua paket yaitu 25 orang peserta peningkatan produktivitas 5-S dan 20 orang untuk peserta pelatihan wirausaha baru produktif. Semua berasal dari pelaku usaha UMKM di kota Kendari. Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari sejak 12-16 Agustus 2020," jelas Andi Asriani.
 
Kepala BPP Kendari, Andi Asriani Koke saat menyematkan tanda pengenal kepada seorang peserta pelatihan, Rabu (12/8/2020). (ANTARA/Harianto)


Ia berharap, meskipun di tengah pandemi COVID-19 pihaknya akan terus berupaya mendorong para pelaku UMKM yang ada di Kota Kendari agar tetap produktif.

Sementara itu, Ketua DPD Perbarindo Sultra, Ahmat mengatakan pihaknya mendorong para pelaku UMKM yang ada di Kota Kendari dengan memberikan pembinaan dan fasilitas pinjaman permodalan.

"Sebenarnya pintu tugas kami di perbankan memberikan pembinaan dan memberikan fasilitas pinjaman dalam langkah men-support permodalan bagi para pelaku UMKM," ungkapnya.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar