Lapas Baubau tidak adakan upacara penyerahan remisi 17 Agustus

id remisi

Lapas Baubau tidak adakan upacara penyerahan remisi 17 Agustus

Kantor Lapasd kelas-II Baubau. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), memastikan tidak ada upacara penyerahan remisi kepada warga binaan pada HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2020.

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Baubau, Abdul Umar Kase, SH melalui pesan whatsApp, Jumat, menjelaskan kendatipun upacara pemberian remisi di lapangan yang biasanya dipimpin oleh Kepala Daerah itu ditiadakan, namun warga binaan tetap mendapatkan potongan masa tahanan di hari Kemerdekaan bangsa Indonesia itu.   

"Upacara penyerahan remisi akan dilakukan secara virtual melalui TV. Hal itu berdasarkan surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto,"  jelasnya.
 
Penyerahan remisi hanya akan dilakukan secara virtual. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kerumunan dan adanya penularan virus Covid-19.

Umar Kase tidak merinci berapa jumlah warga binaan Lapas Baubau yang akan mendapatkan potongan masa tahanan termasuk yang akan bebas tepat pada tanggal 17 Agustus nanti.

Saat ini tambah Umar, Lapas Baubau masih menunggu hasil persetujuan atas usulan nama-nama penerima remisi yang telah diajukan ke Kantor Pusat melalui Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara.

"Untuk Lapas Baubau sementara kita usulkan, hasilnya belum ada dari Kanwil. Mungkin dalam waktu dekat ini sudah ada. Semua nama-nama yang sudah diputuskan dan memiliki kekuatan hukum tetap itu diusulkan sepanjang tidak ada pelanggaran tata tertib selama di Lapas Baubau," kata Umar Kase.

Selain remisi 17 Agustus tandas Umar Kase, saat ini di Lapas Baubau juga terus berjalan pembebasan warga binaan akibat wabah COVID-19.


 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar