Kendari izinkan shalat Idul Adha di masjid zona hijau

id walikota,Pemkot Kendari izinkan shalat Idul Adha,shalat Idul Adha di masjid zona hijau

Kendari izinkan shalat Idul Adha di masjid zona hijau

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir (kiri), saat menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H kepada warga Kota kendari di suasana Pandemi COVID-19 dengan melalui jaringan virtual. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengizinkan penyelenggaraan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di masjid-masjid atau di kawasan lapangan kompleks perumahan, khususnya  yang berada di wilayah zona hijau dan kuning terkait COVID-19.

Wali Kota kendari, Sulkarnain Kadir, Sabtu mengatakan, pertimbangan diizinkannya umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha, karena jamaahnya masih bisa dikendalikan dan diprediksi, dalam pencegahan penyebaran COVID-19, sementara wilayah zona merah sholat dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Jadi pemberian izin kaum muslimin untuk melaksanakan shalat Idul Qurban, juga merujuk pada Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 18 Tahun 2020 tertanggal 30 Juni 2020 tentang penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441 H/ 2020 M menuju masyarakat produktif dan Aman COVID-19," ujarnya .

Ia juga mengatakan, panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) harus menjamin sterilnya tempat ibadah dengan disinfektan dan melengkapi fasiltas penujang protokol kesehatan, mulai dari sarana cuci tangan hingga alat deteksi suhu tubuh.

"Bisa kita selenggarakan di masjid maupun lapangan tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan," jelas Sulkarnain.

Ia juga mengingatkan seluruh panitia masjid agar menyeleksi setiap jamaah yang akan masuk ke rumah ibadah harus dalam keadaan sehat dan tidak sakit, membawa sejadah sendiri serta menggunakan masker.

"Yang sakit demam, flu atau semacamnya lebih baik tidak bergabung. Apalagi ada warga yang tidak dikenal keberadaanya di kawasan perumahan pun sebaiknya tidak usah ikut shalat dan di rumah saja," tambahnya.

Wali Kota mengatakan, pemberian izin pelaksanaan shalat Idul Adha, setalah melalui rapat pertemuan sejumlah pihak di antaranya Dandim 1417 Kendari, Polres, Ketua MUI, PHBI Kota, Kadis kesehatan dan Kabag Kesra.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar