Wali Kota berharap status Pos TNI Angkatan Laut Baubau ditingkatkan

id Wali Kota Baubau berharap Posal ditingkatkan statusnya

Wali Kota berharap status Pos TNI Angkatan Laut Baubau ditingkatkan

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin (kanan) menyerahkan cendramata kepada Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Srimutia, pada kegiatan ramah tamah di Rujab Wali Kota Baubau, Rabu, (15/7) malam. (foto Antara/Yusran)

Baubau (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Dr H AS Tamrin berharap agar Pos TNI Angkatan Laut (Posal) di daerah itu dapat dinaikkan statusnya setingkat lebih tinggi atau menjadi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal).

Dalam rilis, Kamis, menurut AS Tamrin, peningkatan status Posal Baubau tersebut dikarenakan Kota Baubau merupakan daerah yang rawan dengan pergerakan manusia dan berada dijalur ALKI 2 dan ALKI 3. 

Kemudian, tambahnya, Baubau sebagian besar adalah pelaut yang sudah sejak dahulu berdiaspora di seluruh antero Nusantara, dimana disatu sisi menjadi penguatan tapi disisi lain juga ada hal-hal yang harus diwaspadai dengan akses keluar yang begitu besar. Pasalnya, dikhawatirkan dengan akses keluar yang begitu besar aka nada kemungkinan ada penyulundupan barang-barang illegal atau yang lain.

Hanya saja di sisi yang lain ungkap Tamrin, masyarakat Baubau yang berada di luar daerah ini selama ini telah memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Baubau dan sekitarnya. Sehingga, pihaknya perlu mengambil jalan tengah yang terbaik yang tentunya merupakan tugas semua komponen yang ada di daerah. 

“Hasrat untuk terbentuknya atau ditingkatkannya Posal Baubau menjadi Lanal sudah sejak lama. Karena itu, diharapkan ini Posal Baubau bisa naik statusnya sehingga apa yang menjadi kekhawatiran diatasi dengan baik,” ujar Wali Kota Baubau dua periode ini.

Ia juga menyinggung hubungan Forkominda selama ini sudah berjalan dengan baik terutama dengan Posal Baubau yang tentu dengan kedatangan Danlanal Kendari Andike Srimuti akan berdampak psikologis kepada khususnya hubungan internal atau emosional jajaran Posal dengan Pemkot Baubau yang menjadi katalisator penghubung mendekatkan. 

"Apalagi, setiap ada aktivitas selalu bersama-sama seperti operasi pasar, gelar pasukan pemusnahan minuman keras dan yang lainnya sehingga bisa menjadi pemantik untuk meningkatkan kinerja terutama di Posal Baubau," katanya.

Sebelumnya, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Srimutia bersama jajarannya sebelum melakukan ramah tamah dengan Pemkot Baubau,  terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan Wali Kota Baubau AS Tamrin bersama Sekda Baubau Dr Roni Muhtar di kantor Walikota Baubau pada Rabu siang (15/7). 

Usai pertemuan, kepada  sejumlah awak media, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) yang didampingi Wali Kota Baubau AS Tamrin, Sekda Baubau Dr Roni Muhtar, Danposal Baubau  Letda Laut (T) Pungky Pradita mengakui jika kedatangannya ke Baubau selain untuk bersilaturahmi dengan Pemkot Baubau serta Posal Baubau juga untuk melakukan pembahasan berkaitan dengan peningkatan status Posal Baubau.

Andiike Srimutia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Baubau yang sudah membangun tali silaturahmi, koordinasi dan mewujudkan sinergitas terutama dengan Posal Baubau. 

Kata dia, Posal Baubau telah melakukan koordinasi dan memberi dukungan kepada Pemkot Baubau terutama dalam menghadapi Pandemi COVID-19. Pimpinan angkatan laut telah menekankan kepada seluruh jajaran baik Kotama, Lantamal, ataupun Lanal-Lanal di seluruh Indonesia untuk melaksanakan perbantuan kepada pemerintah daerah dalam usaha pencegahan penyebaran COVID-19.

Kujungan kerja Danlanal Kolonel Laut (P) Andike Srimutia ke Baubau menyempatkan diri meninjau lokasi yang akan dijadikan pangkalan Lanal.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar