LRSLU Minaula Kendari menyalurkan bansos kepada 381 lansia di Konawe

id lansia

LRSLU Minaula Kendari menyalurkan bansos kepada 381 lansia di Konawe

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara (kedua kiri), bersama Kepala LRSLU Syamsuddin (kiri) saat menyerahkan bantuan sosial kepada seorang lansia di Konawe. ANTARA/HO-LRSLU Minaula Kendari

Kendari (ANTARA) - Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada 381 orang lanjut usia peserta Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan keterangan resmi LRSLU Minaula, yang diterima di Kendari, Rabu, menerangkan bahwa penyaluran bantuan sosial itu dipimpin langsung oleh Kepala Loka Minaula Kendari Syamsuddin dan disaksikan oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara yang diserahkan secara simbolis disalah satu penerima bantuan di daerah itu.

Kepala Loka Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan setiap lansia peserta Progres LU di Konawe akan mendapatkan bantuan senilai Rp2,7 juta. Jika ditotal, kata dia, nilai bantuan yang disalurkan oleh Loka Minaula kepada Lansia di Konawe mencapai Rp1 miliar lebih yang disalurkan melalui lima Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

"Pada Progres LU ini Loka Minaula melakukan percepatan dalam penyaluran. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Bapak Menteri Sosial untuk melakukan upaya percepatan terhadap semua jenis bansos termasuk Progres LU, guna meringankan beban masyarakat di tengah wabah COVID-19," kata Syamsuddin melalui keterangan resminya.

Selain itu, Syamsuddin juga berpesan agar setiap LKS dapat melaksanakan pendampingan secara rutin ke rumah-rumah lansia.

"Harapannya program ini bukan hanya sekedar penyaluran bantuan saja, tetapi juga disertai dengan proses pendampingan kepada lansia sehingga dapat meningkatkan derajat kesejahteraan lansia dari berbagai aspek," ungkapnya.
 

Kepala LRSLU Syamsuddin saat menyerahkan bantuan sosial kepada seorang lansia di Konawe.
(ANTARA/HO-LRSLU Minaula Kendari)


Sementara iu, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial. Menurutnya bantuan ini harusnya menjadi cambuk motivasi bagi pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan warganya.

"Setelah melihat secara langsung kondisi penerima bantuan, kita akan mengupayakan agar lansia tersebut bisa memperoleh program bedah rumah. Selain itu kita juga akan memerintahkan kepada jajaran terkait untuk dapat meluncurkan program sesuai dengan kebutuhan lansia tersebut," kata Gusli.

Ade Rahmatullah salah satu pengurus LKS LU Wawotobi Peduli mengatakan dengan adanya bantuan Progres LU ini tentunya sangat membantu para lansia. Mengingat, kata dia, mereka adalah kelompok umur yang rentan dari COVID-19.

"Ke depan pihak LKS akan melakukan kunjungan rumah setiap minggunya untuk melakukan pendampingan dan pemeriksaan kesehatan. Kebetulan banyak pendamping kami yang memiliki latar belakang pendidikan kesehatan," ungkapnya.

Kakek Aloi, salah seorang penerima bantuan mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diterima dari Kementerian Sosial. Bantuan tersebut, kata dia, rencananya akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial, Wakil Bupati dan para relawan yang telah hadir memberikan bantuan kepadanya.

Untuk diketahui penyaluran Progres LU di Kabupaten Konawe tahun 2020, Loka Minaula Kendari menggandeng lima LKS LU sebagai mitra diantaranya Danakang Indonesia, Wawotobi Peduli, Wulele Waraka Mendidoha, La Tahzan dan An Nur Azzubaidi.

 

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar