Pelabuhan KNP Pelindo IV Kendari melayani tujuh kapal pelayaran

id Pelindo

Pelabuhan KNP Pelindo IV Kendari melayani tujuh kapal pelayaran

Arsip-General Manager PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari, Debby Duakaju, saat memantau aktivitas di dermaga PT Pelindo IV Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - General Manager PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Debby Duakaju mengatakan kapal pelayaran yang melaksanakan kegiatan bongkar muat kontainer di pelabuhan Kendari New Port (KNP) PT Pelindo IV ada sebanyak tujuh pelayaran.

"Kapal pelayaran yang melaksanakan kegiatan bongkar muat di terminal petikemas KNP ada PT Meratus, PT Tanto, PT Sril, PT Spil, PT Samas, PT Mentari dan PT Temas," kata Debby saat diwawancara via WhatsApp di Kendari, Senin.

Debby mengungkapkan, rata-rata petikemas yang melakukan aktivitas bongkar muat di KNP Pelindo IV berasal dari pelabuhan di Surabaya Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Mayoritas kontainer bongkaran berisi sembilan bahan pokok atau sembako," terang Debby.

Selain itu, Debby mengungkapkan bahwa setiap pelayaran yang melakukan bongkar muat petikemas di KNP bervariasi berkisar kurang lebih 200-800 box per pelayaran dan rata-rata kunjungan kapal per pelayaran setiap bulannya berkisar 4-5 call/unit kapal sebulan.
Arsip-General Manager PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari, Debby Duakaju, saat diwawancara usai memantau aktivitas di dermaga PT Pelindo IV Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Harianto)


"Jadi total kunjungan kapal petikemas di KNP sekitar 30 call/unit per bulan," ungkap Debby.

Baca juga: Pelindo IV memberlakukan 17 jam kerja sejak adanya wabah COVID-19

Sementara itu, meskipun adanya wabah virus Corona atau COVID-19, tidak mempengaruhi volume bongkar muat kontainer di pelabuhan atau terminal petikemas KNP yang dioperasikan sejak Mei 2019 lalu. Namun pihaknya membuat kebijakan dengan pengurangan jam kerja dari 24 jam operasional menjadi 17 jam operasional.

"Untuk trafik petikemas tidak mengalami penurunan dan apabila dibandingakan dengan tahun sebelumnya tumbuh sekitar 15 persen, rata-rata petikemas yang dibongkar dan muat setiap bulannya sekitar 8.200 box per bulan," ungkap Debby.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar