Basarnas edukasi siswa SMAN 4 Kendari soal pencarian-pertolongan

id Basarnas

Basarnas edukasi siswa SMAN 4 Kendari soal pencarian-pertolongan

Pihak Basarnas Kendari saat mempraktekkan kegiatan SAR dihadapan puluhan Siswa Pencipta Alam (Sispala) SMAN 4 Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu(22/2/2020). ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan edukasi SAR kepada puluhan pelajar SMAN 4 Kendari tentang pencarian dan pertolongan.

Kepala Seksi Sumber Daya Basarnas Kendari, Kadek Wiryawan di Kendari, Sabtu mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program nasional yang dicanangkan oleh Basarnas pusat untuk memasyarakatkan SAR dengan masuk ke sekolah-sekolah.

"Ini adalah kegiatan SAR Goes To School di SMA Negeri 4 Kendari. Ini merupakan salah satu program nasional yang dicanangkan oleh Basarnas Pusat untuk memasyarakatkan SAR dengan masuk ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi," ucapnya.

Wiryawan juga menjelaskan, pihaknya mengajarkan kepada siswa-siswi di SMA 4 Kendari khususnya tergabung dalam organisasi Siswa Pencinta Alam (Sispala) di sekolah itu.

"Kami mengajarkan kepada 57 orang siswa-siswi Sispala SMAN 4 Kendari tentang tupoksi Basarnas," jelasnya.
Pihak Basarnas Kendari saat memberikan materi SAR kepada puluhan Siswa Pencipta Alam (Sispala) SMAN 4 Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Harianto)


Selain mengajarkan tentang tupoksi Basarnas, para siswa juga diberikan materi 'reppling' yaitu cara turun dari medan yang tinggi, baik untuk diri sendiri maupun pada saat membawa korban.

"Kegiatan ini dibawakan oleh tim rescue Basarnas Kendari yang memiliki kualifikasi pendidikan high angle rescue technique (HART), sehingga aman bagi para siswa," ungkapnya.

Baca juga: Basarnas Kendari edukasi siswa disabilitas kesiapsiagaan bencana

Pada kesempatan itu, Kasi Sumber Daya Basarnas Kendari ini juga berpesan kepada para pelajar di sekolah tersebut khususnya yang tergabung dalam Sispala, agar setiap kegiatan luar yang dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Basarnas dalam bentuk surat pemberitahuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, salah satu siswa yang tergabung dalam organisasi Sispala SMAN 4 Kendari, Tio mengungkapkan, dirinya sangat senang telah mendapat materi tentang SAR dari Basarnas Kendari.

"Kegiatan ini sangat berguna bagi kami, ketika melaksanakan kegiatan diluar akan lebih aman dan safety," tuturnya.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar