Sensus Penduduk 2020, petugas diminta jaga profesionalisme-integritas

id Sensus Penduduk

Sensus Penduduk 2020, petugas diminta jaga profesionalisme-integritas

BPS Kendari saat menggelar apel siaga Sensus Penduduk 2020 di plataran kantor tersebut di Kendari, Jumat (14/2/2020) ANTARA/Harianto

Kendari (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto meminta kepada semua petugas sensus penduduk di semua daerah termasuk di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara agar menjaga profesionalisme dan integritas saat melakukan sensus.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPS Kota Kendari Martini saat menjadi pembina apel siap siaga sensus penduduk 2020 di plataran Kantor BPS dan membacakan pidato Kepala BPS, Suhariyanto, Jumat.

"Semua petugas lapangan harus betul-betul bekerja dengan menunjukan profesionalitas dan integritas tinggi. Aspek administrasi juga harus tetap saudara perhatikan jangan sampai karena kelalaian kita sehingga menjadi temuan BPK," kata Martini.

Martini juga menyampaikan bahwa semua petugas sensus penduduk harus optimis, bahwa bisa menyukseskan sensus penduduk 2020 sesuai dengan jadwal yang ditentukan, mengatasi permasalahan yang mungkin muncul di lapangan dan mencapai target yang telah ditetapkan.
Kepala BPS Kendari, Martini usai melakkan cap tangan sebagai komitmen siap menyukseskan sensus penduduk 2020 di Kota Kendari, Jumat (14/2/2020) ANTARA/Harianto

"Kita harus memberikan yang terbaik, sekecil apapun itu, untuk membantu BPS menyukseskan SP2020. Tetap semangat dan antusiasme. Saya juga minta tahap pelaksanaan ini agar semakin meningkatkan semangat membangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan petugas lapangan, sehingga jika muncul permasalahan bisa segera diselesaikan," ungkapnya.

Martini juga menjelaskan bahwa Sensus Penduduk 2020 dibagi menjadi dua metode yang pertama Sensus Penduduk daring (online) pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, dapat diakses di https://sensus.bps.go.id/

Baca juga: BPS Kendari rekrut 500 orang petugas Sensus Penduduk

Sementara metode kedua, yaitu Sensus Penduduk Wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020. Metode ini untuk membantu masyarakat yang belum terdaftar disensus penduduk secara online, dimana petugas sensus penduduk sendiri datang ke masyarakat untuk melakukan pendataan dan verifikasi.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar