Dinkes Sulawesi Tenggara imbau warga waspadai penyebaran virus corona

id antisipasi virus corona,wabah pneumonia china,Dinas kesehatan

Dinkes Sulawesi Tenggara imbau warga waspadai penyebaran virus corona

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Kartina Razak menjelaskan upaya pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru di Kendari, Jumat (24/1/2020). (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara mengimbau warga untuk mewaspadai penyebaran virus corona baru yang telah menimbulkan wabah di Kota Wuhan, China.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Kartina Razak di Kendari, Jumat, mengatakan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus tersebut mengingat banyak tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Sulawesi Tenggara, khususnya daerah Morosi di Kabupaten Konawe.

Penerapan pola hidup bersih dan sehat, ia mengatakan, sangat penting dalam upaya mencegah penularan penyakit infeksi akibat serangan virus, termasuk virus corona. 

"Jika ada gejala-gejala panas yang lebih dari 38 derajat Celsius, kemudian ada demam ada batuk dan sesak atau gangguan pernapasan lainnya, dianjurkan untuk memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat," kata Kartina.

Baca juga: Antisipasi virus corona, pelabuhan dan bandara di Baubau kerja sama KKP

Kartina menjelaskan pula bahwa dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona, alat pemindai suhu tubuh sudah dipasang di Bandara Haluoleo untuk mendeteksi kemungkinan adanya penumpang yang sakit karena terinfeksi virus corona.

Surat edaran, ia melanjutkan, juga sudah dikirim ke dinas-dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lain untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus pneumonia berat.

"Jika ditemukan kelompok dari kasus pneumonia berat di wilayah kabupaten/kota agar dilakukan investigasi dan penanggulangan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut dan agar tidak kejadian tidak meluas menjadi keluar kejadian luar biasa," ujarnya.

Dinkes Sulawesi Tenggara imbau warga waspadai penyebaran virus corona


 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar