Pilkada 2020, dua kader partai Golkar berebut pintu Partai Demokrat

id Pilkada 2020

Pilkada 2020, dua kader partai Golkar berebut pintu Partai Demokrat

Dua Kader Golkar di Konawe Selatan, Surunuddin Dangga (kanan) dan Irham Kalenggo (kiri), yang memperebutkan pintu Demokrat untuk maju di Pilkada Konsel 2020. (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dua bakal calon bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dari Partai Golongan Karya (Golkar) berebut pintu Partai Demokrat untuk maju di ajang pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2020 di daerah itu.

Kedua kader Golkar tersebut, yakni Bupati Konsel, Surunuddin Dangga sebagai petahana dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo yang juga sebagai Ketua DPC Golkar di Konsel.

Pada tanggal 26 November 2019, keduanya telah memenuhi undangan Partai Demokrat untuk menyampaikan visi dan misi ketika menjadi bupati di Kabupaten Konawe Selatan.

Irham Kalenggo saat ditemui mengungkapkan, bahwa dirinya optimistis dengan visi misi yang telah ia sampaikan sehingga Partai Demokrat akan mengusungnya maju di Pilkada Konsel.

"Saya sudah sampaikan visi misi. Kalau Demokrat memilih saya, maka saya akan komitmen yaitu dengan melibatkan kader Demokrat untuk mengambil peran pembangunan masyarakat Konsel," kata Irham, di Kendari, Kamis.

Selain optimistis diusung oleh Partai Demokrat, ia juga yakin akan diusung oleh partainya sendiri yakni Partai Golkar. Ia mengungkapkan dirinya akan diusung Golkar karena ia menjabat sebagai ketua DPC Golkar di Konsel.

"Bukan sudah pasti, tapi hari ini saya Ketua Golkar, terlebih di dalam setiap pidato Ketua Umum Golkar bahwa yang akan diprioritaskan adalah mereka yang berstatus ketua partai. baik DPD II maupun DPD I," katanya.

Surunuddin juga mengungkapkan langkah yang dia lakukan saat ini adalah meningkatkan elektabilitas dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Surunuddin Dangga mengatakan dirinya memahami bahwa rekomendasi pengusungan untuk maju di pilkada ada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan  akan mengikuti semua prosedur yang ditetapkan.

"Kita normatif saja, kita mengikuti proses. Semua diundang hadir, kita hadir. Semua rekomendasi kan ada di DPP, sehingga kita hanya mengikuti seluruh prosedur saja," kata Surunuddin.

Surunuddin juga mengungkapkan bahwa dirinya telah memgantongi partai untuk melengkapi kursi Partai Demokrat ketika maju di Pilkada Konsel. Ia juga mengatakan telah mendaftar di beberapa partai termasuk Pantai Golkar.

Baca juga: Partai Demokrat Sultra mendalami visi-misi bakal calon bupati

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhamad Endang mengungkapkan bahwa hasil pemaparan visi misi dilanjutkan di DPP dan semua rekomendasi calon bupati maupun wakil bupati untuk maju di pilkada akan ditentukan oleh DPP Demokrat.

"Selanjutnya Demokrat akan melakukan survei pada Januari dan Februari 2020 mendatang. Kemudian diperkirakan dukungan Demokrat akan keluar di bulan Maret atau April," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar