Universitas Malaysia kerja sama USN kembangkan pendidikan

id seputar sultra

Universitas Malaysia kerja sama USN kembangkan pendidikan

Rektor USN,DR Azhari bersama Prof.DR.Ahmad Tarmizi Tun Abd Karim saat melakukan penandatanganan kerja sama di bidang On Academic,Research and Development Collaboration di ruang rektorat kampus merah maron itu, Selasa (foto Antara/Darwis Sarkani)

Kolaka (ANTARA) - Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) yang juga salah satu universitas negeri di Malaysia melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Sembilanbelas November  (USN) Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara, dalam pengembangan pendidikan  "On Academic,Research And Development Collaboration".

Usai melakukan penandatanganan MoU itu, Selasa, Rektor USN Dr Ahzari mengatakan ini akan menjadi pelopor bagi USN karena universitas dari Malaysia ini juga akan menjadi mentor karena dosen yang ada di UTHM akan mengajar di USN.

Selain itu kata Azhari pihaknya juga akan mengirim mahasiswa ke Malaysia untuk belajar dan menjadi mahasiswa tamu di UTHM begitupun sebaliknya dan akan dimulai pada tahun depan.

"Para dosen UTHM akan ke kampus USN untuk memberikan kuliah kepada mahasiswa enam bulan sekali," katanya.

Tahap selanjutnya jelas Azhari kalau semua infrastruktur dan kesiapan semua kampus selesai dan level akreditasi USN sudah naik maka akan dilakukan kerja sama dua ijazah dimana mahasiswa Malaysia bisa mendapatkan ijazah USN begitu juga sebaliknya.

Mulai semester tahun depan kata dia tim pengajar dari Malaysia sudah mulai datang memberikan kuliah kepada mahasiswa USN di kampus baru yang terletak di Kecamatan Tanggetada.

Sementara Dosen perancangan strategik dan perhubungan korporat Universiti Tun Hussein Onn Malaysia,Prof.DR.Ahmad Tarmizi Tun Abd Karim menjelaskan dipilihnya USN untuk bekerjasama di bidang segala ilmu untuk dimanfaatkan bersama.

"USN baru berumur lima tahun sebagai universitas negeri dan bekerja sama dengan UTHM ," katanya.

Di Indonesia kata dia selain USN ada beberapa universitas lainnya yang bekerja sama dengan UTHM seperti Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas 10 November Surabaya,ITB dan UI.

Baca juga: BI-USN kerja sama program beasiswa


     
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar