Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 55, Kendari Komitmen Cegah "Stunting"

id cegah stunting

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 55, Kendari Komitmen Cegah "Stunting"

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, saat upacara hari Kesehatan nasional 2019 tingkat Kota Kendari, di Kawasan Tugu Religi Alunalun Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Suparman)

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), berkomitmen mencegah terjadinya kasus stunting didaerah itu sebagai makna dan esensi memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 bertempat di Kawasan Tugu Religi Alunalun Kendari, Senin.

Peringatan hari Kesehatan Nasional ke 55 ini mengusung tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” tersebut, dipimpin langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dihadiri Sekda kendari, Nahwa Umar, kepala OPD, kepala Puskesmas se Kendari dan ASN lingkup Pemkot kendari.

Sulkarnain mengatakan, Peringatan hari Kesehatan Nasional ke 55 ini mengusung tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” berdasarkan amanat Presiden RI dengan dua Isu utama yang harus di selesaikan yaitu stunting dan jaminan kesehatan Nasional.

"Selaku pembina upacara saya menyampaikan bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga untuk menegaskan arahan Presiden RI Joko Widodo terkait dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas yaitu, stunting dan jaminan kesehatan nasional," katanya.

Terkait arahan dua arahan presiden dalam bidang kesehatan tersebut, Wali kota meminta agar kedua hal tersebut menjadi fokus perhatian bersama untuk segera diupayakan solusinya.

"Saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden," katanya.

Utamanya tegas Sulkarnain, yakni pengentasan stunting dan perbaikan layanan kesehatan, serta membenahi tata kelola BPJS Kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah dan berkualitas. 
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar