Dinas Pariwisata Sultra membentuk forum jurnalisme ramah pariwisata

id Dispar Sultra

Dinas Pariwisata Sultra membentuk forum jurnalisme ramah pariwisata

Loka karya Jurnalis Sadar Wisata. Kegiatan loka karya ini diselengggarakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, yang berlangsung sejak 11 hingga 13 November 2019. (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menginisiasi terbentuknya Forum Jurnalisme Ramah Pariwisata di Sultra melalui loka karya jurnalis sadar wisata yang berlangsung 11 hingga 13 November 2019.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Sultra Erwin Tahir mengatakan peran media strategis dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan sebagai mitra pemerintah daerah dalam pengembangan dan promosi wisata.

Ia menyebut promosi ada di tangan para jurnalis andal dalam meramu dan memadukan tulisan, gambar, narasi menjadi bacaan yang dapat menggiring opini publik mendatangi destinasi wisata.

"Keterlibatan teman-teman jurnalis dari media sangat kami perlukan untuk membantu meningkatkan sektor pariwisata di Sultra," katanya.

Ia mengatakan pencanangan gerakan jurnalis ramah wisata sudah dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata RI di Jakarta sejak Oktober 2018 lalu, dan telah dilakukan sebanyak empat kali dibeberapa provinsi di Indonesia dan goalnya dengan pembentukan media center yang berkedudukan di Jakarta.

Namun ia melihat peran pembuatan media center dengan tujuan utama membantu proses distribusi informasi, terminator, maupun kondusifitas bagi penciptaan keadaan ramah pariwisata, penting untuk ditindak lanjuti di daerah.

"Kita semua berharap dengan terbentuknya forum ini bisa menjadi wadah misalnya tentang bagaimana sharing pengetahuan maupun kontrol tentang kepariwisataan, untuk membangun percepatan pembangunan pariwisata," tutupnya.
Jurnalis Antara Foto Perum LKBN LKBN Antara kontributor Sulawesi Tenggara, Suwarjono menyampaikan pidato usai terpilih sebagai ketua Forum Jurnalisme Ramah Pariwisata, Selasa. (ANTARA/Harianto)


Sementara itu, berdasarkan hasil keputusan bersama musyawarah dan mufakat seluruh peserta, menyepakati dan menetapkan Jurnalis Antara Foto Perum LKBN LKBN Antara kontributor Biro Sulawesi Tenggara, Suwarjono, sebagai ketua forum jurnalis ramah wisata periode 2019 hingga 2022.

Ketua terpilih Forum Jurnalisme Ramah Pariwisata Sultra, Suwarjono yang akrab disapa Jojon mengatakan, forum tersebut bukan miliknya ataupun milik para perserta, namun milik semua jurnalis Sultra dengan memiliki tujuan yang sama, yakni memajukan sektor pariwisata.

"Forum Jurnalisme Ramah Pariwisata ini bukan milik saya, dan bukan milik kalian, tetapi milik kita bersama, maka mari bersama-sama kita kembangkan forum ini, sehingga sektor pariwisata di Sultra bisa maju," kata Jojon.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar