Peringati HUT, OJK Sultra Sumbang 148 Kantong Darah

id Donor ojk

Peringati HUT, OJK Sultra Sumbang 148 Kantong Darah

Peringati HUT ke 8, OJK Sultra menggelar Donor darah di Kendari, Jumat. (Foto ANTARA/Suparman)

Kendari (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menyumbangkan 148 kantong darah dari total 240 pendonor pada kegiatan donor darah yang dilakukan di Kendari, Jumat.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan sosialisasi Program Budaya Kerja OJK Sultra Kesehatan Darah, dengan tema “Gerakan Literasi dan Inklusi Darah” merupakan bagian giat bakti sosial untuk memperingati HUT ke VIII OJK tahun 2019.

Kepala Bagian Pengawasan OJK Sultra, Maulana Yusup, mengatakan kegiatan donor darah tersebut melibatkan karyawan industri jasa keuangan dan masyarakat umum di Kota Kendari.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan bukan hanya saat ulang tahun OJK, tapi akan direncanakan tiga bulan sekali,” katanya.

Sementara itu, Kepala UTD PMI Sultra, dr Liya Sari Astuti mengatakan manfaat mendonorkan darah secara teratur bagi kesehatan tubuh dapat menurunkan kekentalan darah.

"Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung," katanya.


Liya Sari menjelaskan, semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

"Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah," katanya.

Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar