Baznas Kendari serahkan zakat RP277,8 Juta kepada penerima manfaat

id Serhakan zakat

Baznas Kendari serahkan zakat RP277,8 Juta kepada penerima manfaat

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain bersama Ketua TP PKK Kendari, Hj Sri Lestari Sulkarnain saat menyerahkan zakat secara simbolis kepada penerima manfaat di Rujab Wali Kota Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Suparman)

Kendari (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyerahkan zakat, infaq dan sedekah kepada ratusan penerima manfaat dengan total 227,8 juta, bertempat di Rujab Wali Kota Kendari, Senin.  

"Dana yang diserahkan ini merupakan bagian dari zakat, infaq dan sedekah dari seluruh PNS lingkup Kota Kendari yang terkumpul pada periode Juli-Agustus dan September 2019 sebesar Rp277,8 juta lebih melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari," kata Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir, saat memberikan sambutan.

Dikatakan, zakat, infaq dan sedekah yang diberlakukan kepada pegawai negeri sipil (PNS), dimaknai sebagai pembersih harta atau gaji yang diperoleh setiap bulan dan biusa dikatakan sebagai kewajiban bagi ASN.

"Saya mengapresiasi kinerja Baznas Kendari, karena dengan sosialisasi yang dilakukan selama ini terkait peruntukan dan pengelolaan zakat, infak dan sedekah tersebut, sehingga kesadaran ASN untuk membayar zakat tersebut semakin tinggi sehingga total yang terkumpul pada periode tersebut sudah mencapai angka Rp277 juta, sedangkan periode sebelumnya sudah mencapai angka Rp200 juta," katanya.

Sulkarnain yakin, dengan pengelolaan zakat, infaq dan sedekah oleh Baznas Kendari yang sangat transparan maka bisa lebih mengoptimalkan untuk pemberdayaan ekonomi produktif, baik usaha pertanian maupun dagang, sehingga penerima manfaat mampu hidup mandiri.

"Harapan kita, yang sebelumnya adalah penerima zakat atau penerima manfaat, ke depan setelah ada usaha yang dikembangkan maka bisa menjadi pemberi zakat atau pemberi manfaat," katanya.
Wali Kota Kendari, H Sulkarnain bersama Ketua TP PKK Kendari, Hj Sri Lestari Sulkarnain bersama penerima penerima manfaat saat menyerahkan zakat secara simbolis kepada di Rujab Wali Kota Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Suparman)

Sebelumnya, pengurus Baznas Kendari menguraikan penyaluran zakat infaq dan sedekah tersebut diberikan kepada beasiswa kepada 60 penghafal Al Quran masing-masing mendapat Rp500 ribu dengan total Rp30 juta.

Bantuan kemanusiaan untuk fakir miskin sebanyak 221 orang, masing-masing mendapat Rp500 ribu sehingga total Rp110.500.000, bantuan pemberdayaan ekonomi atau modal usaha untuk 20 orang dengan total Rp30 juta.

Bantuan pemberdayaan ekonomi untuk budidaya tanaman pangan sebesar Rp25 juta, bantuan sunatan massal 71 orang dengan total Rp13,4 juta, bantuan kegiatan keagamaan (Lasqi) Rp5 juta, bantuan untuk imam masjid sebanyak 30 orang, masing masing mendapat Rp500 ribu dengan total Rp15 juta, bantuan guru baca tulis Quran sebanyak 30 orang masing-masing mendapat Rp500 ribu sehingga total Rp15 juta dan dana operasional amil sebanyak Rp34 juta.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar