PKK Kendari Berkomitmen Mendorong Peningkatan SDM Pelaku Usaha Mikro

id PKK Kendari

PKK Kendari Berkomitmen Mendorong Peningkatan SDM Pelaku Usaha Mikro

Ketua TP PKK Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, saat Seminar Peningkatan SDM bagi Pelaku Usaha Mikro Pengurus PKK Kota Kendari yang dilaksanakan oleh TP PKK Kendari,  pada pada salah satu hotel di Kendari, Selasa. (Foto ANTARA/Suparman)

Kendari (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), berkomitmen untuk terus melakukan upaya dalam rangka mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha mikro di kota itu.

"Wiraswasta dapat dijelaskan sebagai seseorang yang memiliki keberanian, untuk mendirikan usaha sendiri dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan melaksanakan perekonomian," kata ketua TP PKK Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, saat saat Seminar Peningkatan SDM bagi Pelaku Usaha Mikro Pengurus PKK Kota Kendari yang dilaksanakan oleh TP PKK Kendari,  pada pada salah satu hotel di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, meskipun stigma yang melekat kepada perempuan selalu dikategorikan sebagai kelas kedua dalam mencari nafkah untuk keluarga, bukan berarti perempuan tak punya kemampuan dan kesempatan untuk menjadi pelaku wirausaha.

"Perempuan berwirausaha bukan untuk tampil sebagai kompetitor bagi laki-laki dalam hal finansial, melainkan untuk menjadi mitra sekaligus mengeksplor potensi perempuan itu sendiri selama tidak bertentangan dengan nilai agama dan budaya," katanya.

Sri Lestari juga mengungkapkan bahwa ada beberapa kegiatan wirausaha yang bisa dilakukan oleh kader PKK seperti katering/warung makan, kerajinan tangan, laundry, bisnis online dan sebagainya.
Ketua TP PKK Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, saat memberikan materi pada Seminar Peningkatan SDM bagi Pelaku Usaha Mikro Pengurus PKK Kota Kendari yang dilaksanakan oleh TP PKK Kendari,  pada pada salah satu hotel di Kendari, Selasa. (Foto ANTARA/Suparman)

Selain itu kata dia, wirausaha juga memiliki manfaat seperti mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri, membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya terhadap barang dan jasa, menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi jumlah pengangguran di sekitarnya, dan membantu meningkatkan nilai perekonomian.

"Pada akhirnya, berkaryalah wahai perempuan Indonesia, khususnya Kader PKK di manapun berada. Kata pepatah Arab, Kita perempuan, dengan tangan kiri mengayun buaian, dengan tangan kanan kita mengubah dunia melalui karya kita. Perempuan harus terampil di domestik, tetapi wajib berkarya di publik," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Hj Nahwa Umar, saat membuka acara itu mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan TP PKK kendari tersebut menjadi penting dan strategis, sebab menjadi ajang tukar informasi dan pengalaman pengurus PKK se-Kota Kendari dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan langkah baik sebagai mitra pemerintah dalam membantu pemerintah daerah menjalankan program-program kemasyarakatannya. Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pemahaman kapasitas pengurus PKK se-Kota Kendari sebagai salah satu ujung tombak untuk memajukan masyarakat yang sehat, terdidik, maju, dan sejahtera," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar