GP San Marino, Marquez kalahkan Quartararo di lap terakhir untuk jadi juara

id marc marquez,gp san marino,sirkuit misano,fabio quartararo,motogp

GP San Marino, Marquez kalahkan Quartararo di lap terakhir untuk jadi juara

Marc Marquez (Repsol Honda) melakukan selebrasi usai menjuarai GP San Marino, Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Minggu. (15/9/2019) AFP/Marco Bertorello

Jakarta (ANTARA) - Marq Marquez (Repsol Honda) meredam Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dalam duel klasik di lap terakhir untuk menjuarai balapan GP San Marino di Sirkuit Marco Simoncelli, Minggu.

Marquez, yang memulai balapan dari posisi start kelima, finis pertama, 0,903 detik di depan Quartararo, demikian laman resmi MotoGP.

Vinales, yang start dari pole position, kehilangan posisinya di tiga lap pertama ketika Quartararo menyalip sang pebalap pabrikan Yamaha itu di lap kedua, disusul manuver Marquez satu lap berselang.

Marquez menjaga jaraknya sekitar 0,2 detik di belakang sang pebalap rookie menunggu momen yang tepat untuk melakukan serangan.

Harapan Quartararo untuk meraih kemenangan perdana di kelas premier pupus setelah kalah dalam duel sengit dengan Marquez di lap terakhir.
 


Marquez, yang meraih kemenangan ketiga kalinya di Misano itu, semakin kokoh di puncak klasemen dengan 275 poin, unggul 93 poin dari rival terdekatnya, Andrea Dovizioso (Ducati) dengan enam balapan tersisa.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP), yang start dari pole position, harus puas finis ketiga setelah kehilangan posisi pimpinan lomba di tiga lap pertama.

Quartararo dan Marquez pun meninggalkan rival-rivalnya di belakang. Vinales berjuang sendiri dua detik di belakang mereka sedangkan Rossi terpaut jauh sekitar 14 detik memperebutkan P4 dengan Franco Morbidelli hingga lima putaran terakhir.

Jelang tikungan pertama di lap terakhir Marquez melakukan manuvernya untuk menyalip Quartararo.

Sang pebalap Prancis tak lama meraih kembali posisinya, namun Marquez tak menyerah dan menyerang lagi ke depan.

Quartararo hampir menubruk Marquez dari belakang jelang dua tikungan terakhir sebelum akhirnya sang pebalap Spanyol itu melintas garis finis terlebih dahulu.



Pahlawan setempat, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP), finis keempat di depan ribuan pendukungnya hari itu diikuti Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di P5.

Empat pebalap Yamaha finis di peringkat lima besar hari itu.

Celaka bagi Alex Rins (Suzuki Ecstar) ketika ia mengakhiri balapan lebih awal setelah terjatuh di Tikungan 4 saat balapan masih menyisakan 12 putaran.

Di empat putaran terakhir, Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) juga terjatuh di Tikungan 8.

Sementara itu, juara GP San Marino tahun lalu, Dovizioso harus puas finis di peringkat 6 sebagai pebalap Ducati tercepat hari itu.

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing), yang start dari P2, kehilangan kecepatannya di awal lomba dan hanya mampu finis P7 di depan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Dua pebalap Ducati lainnya, Jack Miller (Pramac Racing) dan Danilo Petrucci (Ducati Team) melengkapi finis peringkat 10 besar hari itu.










 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar