Pertamina berikan 'Cash Back' kepada pembeli BBM pakai Link AJa

id pertamina,cash back link aja,promosi link aja

Pertamina berikan 'Cash Back' kepada pembeli BBM pakai Link AJa

Menteri BUMN Rini Sumarno menunjukkan aplikasi layanan keuangan elektronik Link Aja di gerai Link Aja dalam ajang BNI Java Jazz Festival 2019 di Jakarta, Minggu (3/3/2019). Layanan keuangan elektronik berbasis quick response code (QR code) bernama LinkAja tersebut merupakan gabungan layanan pembayaran elektronik dari beberapa badan usaha milik negara (BUMN). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/ama.

Pontianak (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalimantan Barat akan memberikan "Cash Back" bagi masyarakat atau konsumen yang membeli semua jenis BBM secara non tunai menggunakan aplikasi LinkAja di SPBU yang ada di Kota Pontianak.

"Kami akan banyak memberikan promo dalam penerapan transaksi nontunai dalam membeli BBM di SPBU di Kota Pontianak menggunakan aplikasi LinkAja, yakni akan mendapatkan "Cash Back" atau uang kembali sebesar 25 persen hingga tanggal 31 Desember 2019 mendatang," kata Marketing Branch Manager, PT Pertamina (Persero) Kalbarteng, Muhammad Ivan Syuhada di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan Cash Back sebesar 25 persen adalah program tahap awal. "Kemudian untuk tahap keduanya kami sedang menyiapkan program orang yang mengisi BBM penuh akan mendapatkan uang kembali sebesar 50 persen, yang penerapannya di hari tertentu," ungkapnya.

Ivan menambahkan, ke depan pihak memang akan banyak menawarkan program-program yang sangat menarik kepada masyarakat, dalam menyukseskan transaksi nontunai dalam pembelian semua jenis BBM di SPBU di Kota Pontianak. 

Ia menjelaskan LinkAja ini adalah asli milik anak bangsa. "Transaksi pembelian di SPBU menggunakan LinkAja saat ini paling cepat, bahkan tidak sampai 15 detik apabila dibanding menggunakan transaksi menggunakan kartu debit lainnya," katanya.

Baca juga: Pertamina: konsumsi Pertamax di Sulawesi naik 17 persen
 
PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalimantan Barat akan memberikan "Cash Back" bagi masyarakat atau konsumen yang membeli semua jenis BBM secara nontunai menggunakan aplikasi LinkAja di SPBU yang ada di Kota Pontianak. (Istimewa)

Menurut dia, transaksi menggunakan aplikasi LinkAja saat ini ada EDC (elektronic data capture) sendiri atau dapat digunakan di EDC bank himbara (mandiri/bni/bri), dan tersedia di 22 SPBU yang ada di Kota Pontianak yang sudah dapat menggunakan LinkAja. "Saat ini untuk transaksi menggunakan aplikasi LinkAja dengan EDC LinkAja yakni di dua SPBU, yakni SPBU di Bundaran Kota Baru dan SPBU Coco atau di Jalan Ahmad Yani Pontianak, katanya.

Tetapi,  untuk LinkAja dengan menggunakan EDC mandiri atau bank himbara lainnya sudah bisa digunakan di semua SPBU yang ada di Kota Pontianak.

Baca juga: Di Sultra, Pertamina perkuat stok elpiji

"Model transaksinya lebih mudah, yakni cukup download aplikasi LinkAja menggunakan handphone android atau IOS, kemudian nantinya ketika membeli BBM saat akan membayar petugas SPBU tinggal membawa barcode ke kendaraan konsumen untuk menscan menggunakan handphone konsumen tersebut," katanya.

Terkait masalah keamanan, sudah ada aturannya, salah satunya petugas SPBU yang mendatangi konsumen dalam menscan barkode LinkAja, sehingga transaksi nontunai akan semakin cepat dari sebelumnya, katanya.

Penerapan pembelian nontunai untuk semua jenis BBM di SPBU di Kota Pontianak, dilakukan bertahap, yakni tahap I, September 2019 berlaku setiap hari Minggu, kemudian tahap II, III dan terakhir tahap IV bulan Desember 2019 mulai diberlakukan setiap hari.

Program cashless ini merupakan salah satu agenda prioritas Kota Pontianak dalam mewujudkan Smart City, dan program ini bertujuan menciptakan ekosistem pembayaran secara nontunai yang cepat, aman dan efisien.

Baca juga: Operasi pasar Pertamina tekan harga eceran tabung gas
Baca juga: ESDM Sultra setuju pembentukan pemantau BBM
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar