Dua bupati di Sultra terima Satyalencana Pembangunan dari Presiden

id Dua bupati

Bupati Kolaka, Ahmad Safei, saat menerima penghargaan Satyalencana Pembangunan dari presiden RI yang diserahkan oleh Menko PMK, Puan Maharani, pada Harganas XXVI tahun 2919 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu. (Foto ANTARA/Suparman)

Banjarbaru (ANTARA) - Dua bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Bupati Bombana, Tafdil, dan Bupati Kolaka, Ahmad Safei, mendapatkan penghargaan dari presiden Indonesia berupa Satyalencana Pembangunan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani, pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Dua bupati tersebut memperoleh penghargaan bergengsi dari Presiden Republik Indonesia, Jokowi, karena dinilai berhasil mendorong pembangunan pada bidang kependudukan dan keluarga berencana nasional di daerah yang mereka pimpin.

Tafdil dan Ahmad Safei bersama 12  bupati, tiga wali kota dan satu gubernur di Indonesia masuk nominasi tingkat nasional karena telah melewati serangkaian tahapan penilaian oleh tim khusus dari Sekretariat Kepresidenan beberapa waktu lalu.

Tafdil mengaku, keberhasilannya meraih penghargaan itu karena dukungan semua pihak terkait di Bombana sehingga program KKBPK di Bombana bisa berkembang signifikan dan dinilai sudah layak mendapatkan penghargaan satyalencana pembangunan bidang KKBPK.

"Yang terpenting lagi bahwa program Gembira yang kami jalankan di Bombana sangat mendukung terwujudnya masyarakat sejahtera, sehingga kami meraih penghargaan ini. Wujud program Gembira misalnya ada bantuan 'Baruga Moico' atau bedah rumah untuk warga prasejahtera, bantuan listrik gratis, jaminan kesehatan," katanya.

Tafdil juga mengaku terus mendukung pengembangan kampung KB di daerah itu, selain itu memberikan dukungan anggaran yang meningkat setiap tahun untuk pengembangan program KKBPK kepada dinas terkait.
Bupati Bombana, Tafdil, saat menerima penghargaan Satyalencana Pembangunan dari presiden RI yang diserahkan oleh Menko PMK, Puan Maharani, pada Harganas XXVI tahun 2919 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu. (Foto ANTARA/Suparman)

Sementara itu, Bupati Kolaka, Ahmad Safei, mengaku bahwa keberhasilannya meraih penghargaan itu karena melibatkan berbagai pihak termasuk para tokoh agama, tokoh masyarakat yang tergabung dalam Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fapsedu).

"Merekalah yang kami perkuat dan perluas keterlibatannya bekerja sama dengan para penyuluh KB dalam menyelesaikan berbagai masalah terkat pendudukan yang ada di Kolaka sehingga program KB berjalan baik," katanya.

Berikut kepala daersh yang mendapatkan penghargaan Satyalencana Pembangunan bidang KKBPK 2019 dari Presiden yakni Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bupati Jembrana, Bupati Merangin, Bupati Karawang, Bupati Bombana, Bupati Kolaka, Bupati Pringsewu, Bupati Sijunjung, Bupati Serdang Bedagai, Bupati Hulu Sungai Selatan, Bupati Tabalong, Bupati Kulon Progo, Bupati Magelang, Bupati Blora, Bupati Enrekang, Wali Kota Gorontalo, Wali Kota Padang, Wali Kota Yogyakarta.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar