Gempa 7,7 SR guncang Maluku Tenggara Barat

id Gempa bumi

Ilustrasi. Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) juga pernah menguncang Saumlaki Ibukota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). (ANTARA News/Lukisatrio)

Ambon (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan 7,7 SR mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku pada Senin pukul 11.53:39 WIT

Pusat gempa terletak pada koordinat 6,51 lintang selatan dan 129,27 bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 135 utara Tepa Maluku Barat Daya, 231 km selatan Banda Maluku Tengah,
234 km Timur laut Tiakur MBD, 278 km barat laut Saumlaki MTB, 280 km barat Larat kepulauan Tanimbar, kata Kepala BMKG Kelas I Ambon, Sunardi.

Selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 7,4 SR Episenter gempa bumi, terletak pada koordinat 6,44 lintang selatan dan 129,17 bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 289 km arah barat laut Kota Saumlaki, Kabupatan MTB.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Saumlaki V MMI, Tual III-IV MMI, Subawa dan Sorong III MMI, Dobo, Alor, Fak-Fak dan Kupang II-III MMI, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 12.13 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar