ASDP Baubau operasikan 10 armada layani angkutan Lebaran 2019

id penambahan armada,mudik lebaran

Suasana penyeberangan kapal feri Torobulu (Konawe Selatan) menuju Tampo (Kabupaten Muna). Disaat tertentu alami peningkatan menjelang maupun sesudah pemilu Presiden.

Yang jelas kita siap mensukseskan arus mudik dan balik Lebaran ini
Baubau (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, mengoperasikan 10 unit armada dalam melayani angkutan Lebaran 2019. 

Manager Usaha PT ASDP Cabang Baubau,Supriadi, di Baubau, Kamis mengatakan, 10 kapal yang difungsikan melayani 11 lintasan di wilayah Provinsi Sultra itu pengoperasiannya sama seperti tahun sebelumnya. 

"Yang jelas kita siap mensukseskan arus mudik dan balik Lebaran ini. Terpenting lagi kita tetap mengutamakan kenyamanan dan keselamatan dalam berlayar," ujarnya. 

Menurutnya, dari 11 lintasan yang ada, terdapat tiga lintasan yang cukup signifikan arus penumpang yakni lintasan Labuan-Amolengu (Buton Utara-Konawe Selatan), Tampo-Torobulu (Muna-Konawe Selatan), dan lintasan Baubau-Waara (Baubau-Buton Tengah). 

"Armada KMP Bahteramas II yang beroperasi di lintasan Wanci-Kamaru (Waaktobi-Buton) akan dioperasikan di Labuan-Amolengu. Kemudian dirute Tampo-Torobulu ada tiga kapal yakni KMP Bahteramas, KMP Nuku dan KMP Rubiah," ujarnya. 

Sedangkan tiga armada yakni KMP Tenggiri, KMP Sultan Murhum dan KMP Madidihang akan mengisi lintasan Baubau-Waara meskipun juga akan melayani Baubau-Siompu (Baubau-Buton Selatan). 

"Artinya nanti ada yang mengisi untuk diperbantukan atau disiapkan melayani lintasan tersebut karena penyeberangan tidak setiap hari," katanya. 

Dia mengatakan, meski saat ini arus penumpang masih berjalan normal, namun peningkatan lonjakan penumpang Idul Fitri 2019 diperkirakan akan meningkat 5-10 persen dari tahun sebelumnya utamanya pada tiga lintasan tersebut. 

"Kalau pengalaman tahun sebelumnya, biasanya H-3 atau H-4 sampai hari H itu terjadi lonjakan. Namun juga tahun ini karena suasana libur panjang sehingga arus penumpang akan berangsur-angsur," ujarnya, seraya menyebutkan akan melakukan penambahan trip (perjalanan) bila terjadi lonjakan penumpang. 

Dia juga mengimbau, pengguna jasa yang akan bepergian agar berhati-hati. Bahkan diharapkan saat memilih hendak menyeberang menggunakan jasa kapal feri dapat memanfaatkan waktu-waktu luang atau tidak mendekati hari H karena biasanya akan terjadi kepadatan penumpang. 

Baca juga: Mudik, Pelni imbau calon penumpang lebih awal beli tiket

Baca juga: Mudik Lebaran, Jasa Raharja buka posko kesehatan


"Imbauan lainnya kita tetap pasang spanduk demi keselamatan dan kenyamanan. Dan di kapal juga sudah dilengkapi dengan kamera pengintai atau CCTV untuk kenyamanan bersama," ujarnya. 

Dalam pemberangkatan kapal, kata dia, pihaknya juga tetap mengacu informasi cuaca terkini dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) dan Syahbandar sebagai upaya mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan dalam berlayar. 

Baca juga: Jelang lebaran, arus penumpang bandara Baubau belum stabil

Ke-10 lintasan di wilayah ASDP Cabang Baubau yakni, lintasan Baubau-Waara,Tampo-Torobulu,Kendari-Langara,Kamaru-Wanci,Baubau-Siompu,Raha-Pure,Baubau-Donggala,Donggala-Mawasangka,Mawasangka-Donggala-Kasipute,dan Baubau-Tolandona. 
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar