Pelni Baubau gelar bakti sosial dan donor darah

id pelni

Kepala PT Pelni Cabang Baubau Capt Akhmad Sadikin (baju putih) melihat dari dekat donor darah yang digelar perusahaan pelayaran BUMN itu di Lippo Plaza Buton, Senin. (foto Antara/Yusran)

Baubau (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni  (Persero) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar bakti sosial dan donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) perusahaan pelayaran BUMN itu ke-67 tahun 2019.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin, di Baubau, Selasa, mengatakan donor darah yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 WITA hingga pukul 16.00 WITA itu merupakan rangkaian peringatan HUT Pelni yang jatuh pada 28 April 2019.

"Kenapa donor darah ini kami lakukan, karena dari laporan pihak Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD-PMI) setempat selama ini banyak kekurangan darah. Maka itu kita menggarap dengan serius acara ini sehingga PMI mempunyai persediaan darah yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat Baubau dan sekitarnya," ujarnya.

Kegiatan bakti sosial donor darah dengan menggandeng UTD-PMI Buton itu, kata Sadikin, berhasil mengumpulkan sebanyak 91 kantong darah dari yang ditargetkan minimal 100 orang pendonor.

"Jadi pada HUT ini, kegiatan bakti sosial dilaksanakan seluruh PT Pelni di Nusantara, tinggal tergantung dari masing-masing kantor cabang melaksanakan apa," katanya.

Acara bakti sosial donor darah tersebut, kata dia, sebagai wujud perhatian pihaknya dalam membantu agar stok darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD-PMI) Buton selalu tersedia.

"Jadi hasil koordinasi kita ke PMI mengalami kekurangan stok. Bahkan hari ini saja informasi dari mereka untuk permintaan darah mencapai 100 orang lebih, sehingga ketika ini masuk sudah akan didistribusi lagi," katanya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut sejumlah institusi yang turut mengambil peran diantaranya Pelindo IV, KBPP, Polres Baubau, KP3,TNI-AD, TNI-AL Basarnas, Siloam Hospital, dan PDAM Baubau. Termasuk sinergitas perusahaan BUMN seperti Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Selain itu, instansi pemerintah daerah yakni Dinas Perhubungan, Dinkes, Dinas Capilduk, PT PIDC, PT SBN, crew KM Dorolonda, mahasiwa, siswa SMAN 1 Baubau, dan masyarakat umum.

"Alhamdulillah ini semua berkat kerjasama semua pihak sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Sebelumnya juga pada rangkaian perayaan HUT Pelni itu, kata dia, pihaknya pula telah memperingati acara Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H. Termasuk mengadakan mengaji bersama di kantor Pelni yang akan diikuti oleh seluruh karyawan, organisasi  Persatuan Istri Pegawai (Perisai) Pelni, , pensiunan Pelni, dan mitra kerja dari perusahaan travel.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar