TMMD beri penyuluhan keluarga sehat dan KB

id tmmd,penyuluhan kb

Suasana penyuluhan keluarga sehat dan keluarga berencana yang di gelar Dinas pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe bekerjasama program non fisik TMMD ke-104. (Kodim 1417 Kendari)

Konawe (ANTARA) - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1417 Kendari pada Selasa (5/3) memberikan penyuluhan Keluarga Sehat dan Keluarga Berencana kepada masyarakat, mahasiswa.
    
Penyuluhan Keluarga Sehat dan Keluarga Berencana oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe berlangsung di Balai Desa Karandu kecamatan Anggotoa, kegiatan ini diikuti oleh147 orang yang terdiri dari masyarakat dan mahasiswa KKN  dari Stikes Mandala Waluya dan Universitas Lakidende yang sedang melaksanakan KKN di Kecamatan Anggotoa.

Koordinator lapangan PLKB/PKB Fatma Adriani, SSi, Msi dalam materi penyuluhan yang disampaikan menyebutkan ada sekitar 1.173 orang pasangan usia subur (PUS) di Kecamatan Anggotoa dengan jumlah peserta KB aktif 729 orang terdiri dari IUD, MOW, MOP, KONDOM, IMPLAN, SUNTIK dan PIL.

Fatma menambahkan bahwa data-data diambil dari kader-kader yang sudah di bentuk dari tiap-tiap desa dengan pembiayaan operasioanal keluarga berencana (BKOB) yang merupakan program dari Dinas pengendalian penduduk dan KB Kabupaten Konawe.

"Data terbaru kami dapat dari kader dan kami himpun tiap bulannya, untuk kami laporkan ke Dinas Pengendalian penduduk dan KB Kabupaten Konawe," katanya.

Fatma menghimbau masyarakat agar dalam penggunaan alat KB harus tepat sasaran baik yang menggunakan hormon atau tidak menggunakan hormon.

"Cara penggunaan alat kontrasepsi harus berkoordinasi dengan petugas kesehatan yang ada di puskesmas sehingga tidak terjadi kesalahan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan sang pemakai alat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Sub Bagian Dinas pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe, H. Pawenari Nanang S.H MSi menyampaikan Program penyuluhan ini merupakan program yang sudah terjadwal dari Dinas sehingga kami merasa bersyukur juga karna program kami dapat bersinergi dengan program non fisik TMMD ke-104 ini. 

"Kami sangat bersyukur karena program yang sudah dijadwalkan bisa bersinergi dengan program non fisik TMMD ke-104," ungkap pawenari.

Komandan Kodim 1417/Kendari  mengharapkan agar penyuluhan Keluarga Sehat dan Keluarga Berencana ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Anggotoa yang merupakan basis dari kegiatan program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-104 Konawe.
 
 
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar