BMKG Kendari ingatkan risiko gelombang keselematan pelayaran

id bmkg

ilustrasi (foto Antara)

Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis peringatan dini gelombang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter di sejumlah perairan di Sultra dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Keterangan dari BMKG kendari, Senin, peringatan terkini terkait gelombang laut terjadi pada pukul 08.00-20.00 Wita. Gelombang dengan tinggi 2,5 meter atau lebih diperkirakan akan terjadi di wilayah Perairan Kepulauan Banggai dan perairan Kepulauan Sula, Sulawesi Tengah.

Petugas operasional BMKG Kendari, Adi Istioyono mengatakan, masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut untuk tetap memperhatikan risiko tinggi gelombang dan angin kencang terhadap keselamatan pelayaran.

"Perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih? dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sementara kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter," ujarnya.

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Dibagian lain, Adi Istioyo menjelaskan terkait prakiraan cuaca pada hari yang sama 2019 pada pagi hari, berpotensi hujan ringan di wilayah Buton Selatan, Buton, Baubau, Muna, Buton Tengah, dan Kabupaten Wakatobi.

Siang dan sore hari, berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka, Konawe, Bombana, Konawe Selatan, Kolaka Timur, Kendari, dan Konawe Utara. Hujan Ringan di wilayah Buton Selatan, Buton, Baubau, Buton Tengah dan Wakatobi.

Sementara pada malam hari, berpotensi hujan ringan di wilayah Konawe, Wakatobi, Buton Selatan, dan Buton. Serta dini hari* : Berpotensi hujan sedang di wilayah Wakatobi. Berpotensi Hujan Ringan di wilayah Buton Selatan, Buton dan Baubau.

Suhu Udara berkisar? 25 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar 70 - 95 persen, kecepatan Angin berrtiup dari barat daya ke barat laut/2 - 20 kilometerv per jam.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar