Investasi IKM Sultra capai RP1,36 triliun

id disperindag

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Dra Hj Siti Saleha, MSi.

 Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tenggara menyatakan total investasi industri kecil menengah (IKM) di daerah itu mencapai Rp1,36 triliun.
   
 "Investasi itu berasal dari 12.987 perusahaan yang tersebar di 17 kabupaten kota se Sultra," kata kepala Dinas Perindag Sultra, Siti Saleha, di Kendari, Kamis.
   
 Ia mengatakan, perusahaan yang masuk kategori IKM itu mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 64.027 orang.
     
"Dengan demikian, keberadaan IKM ini mampu memberikan kotribusi kepada daerah dalam menekan angka pengangguran," katanya. 
     
Menurut dia, pemerintah Sultra terus melakukan berbagai terobosan untuk mendorong pertumbuhan industri kecil menegah (IKM) di daerah itu dalam berbagai jenis usaha.
     
Berbagai upaya yang dilakukan katanya, pelatihan pengembangan produk IKM dan pelatihan peningkatan SDM pengelola IKM terus dilakukan.
   
 "IKM ini merupakan salah satu kekuatan besar dan terdepan dalam pembangunan ekonomi daerah, karena sektor ini amat vital untuk menciptakan pertumbuhan lapangan pekerjaan dan banyak dijalani oleh warga," katanya. 
   
 Selain mampu menciptakan lapangan pekerjaan lebih cepat dibandingkan dengan sektor usaha lain, katanya, kberadaan IKM juga telah memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan di daerah ini, 
   
 "Peranan sektor industri kecil menengah akan semakin besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi daerah. Selain berperan penting sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi daerah, IKM juga memberi perkembangan perluasan kesempatan kerja," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar