Chris John: Crolla tidak terlalu istimewa

id chris john

Mantan juara dunia tinju kelas bulu (57,1 kilogram) WBA, Chris John.

Kendari (Antaranews Sultra) - Mantan juara dunia kelas bulu (57,1 kilogram) WBA, Chris John, mengatakan, petinju Inggris Anthony Crolla yang akan menjadi lawan Daud Yordan, tidak terlalu memiliki keistimewaan.

"Saya yakin Daud Yordan masih bisa mengalahkan Crolla karena yang bersangkutan memiliki kelebihan dibanding petinju Inggris tersebut," kata Chris John ketika dihubungi dari Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis petang.

Menurut suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati, tersebut, Daud Yordan memiliki satu poin yang lebih unggul dari Crolla, yaitu Daud memiliku pukulan yang akurat dan keras yang menjadi senjata untuk mengalahkan lawannya.

Ia mengakui, dari sisi usia memang sama (Daud Yordan dan Anthony Crolla sama-sama berusia 31 tahun) tetapi dari sisi pengalaman bertarung Daud lebih baik dari petinju Inggris tersebut.

Daud Yordan memiliki rekor bertarung 33 kali menang (26 di antaranya dengan KO) dan tiga kali kalah, sedangkan Anthony Crolla memiliki rekor bertarung 33 kali menang (13 di antaranya dengan KO), enam kali kalah, dan tiga kali seri. "Ini bukti bahwa Daud lebih pengalaman dari Crolla," kata Chris John yang saat ini sedang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari dapil Jawa Tengah.

Hanya saja, kata Chris John yang saat menjadi petinju memiliki rekor bertarung 48 kali menang (22 di antaranya dengan KO), tiga kali seri dan sekali kalah, semuanya tergantung dengan persiapan Daud Yordan sendiri.

"Saya pikir pelatih Daud Yordan (Pino Bahari) tahu untuk mempersiapkan Daud dengan sebaik-baiknya," kata ayah dari Maria Luna Fersiha dan Maria Rosa Christiani yang dua-duanya mengikuti jejak ibunya menjadi atlet wushu.

Saat berkarier di dunia tinju Chris John yang saat itu memegang gelar Super Champions kelas bulu WBA pernah berhadapan dengan Daud Yordan. Pada pertarungan yang dimainkan di Jakarta, 17 April 2011, Chris John berhasil mengalahkan Daud Yordan.

Daud Yordan bakal menghadapi petinju tuan rumah Anthony Crolla pada pertarungan "Eliminator for: WBA Super World Lightwight Championship" di Manchester Arena, Inggris, Sabtu (10/11).

Hari ini atau Kamis, Daud Yordan menjalani konferensi pers setelah pada hari sebelumnya Rabu (7/11) menjalani latihan terbuka di depan publik, kemudian pada Jumat (9/11) pukul 1.00 waktu setempat mengikuti timbang badan sedangkan pertarungan dilaksanakan pada Sabtu pukul 5.30 waktu setempat.

Daud Yordan menjalani pertarungan terakhir pada 23 April 2018 saat mengalahkan petinju tuan rumah Pavel Malikov dengan KO pada ronde kedelapan di DIVS Ekaterinburg, Rusia. Sedangkan Crolla menjalani pertarungan terakhir setelah menang atas Edson Ramirez (Meksiko) di Inggris, 31 Maret 2018.

Sekarang Daud Yordan menempati peringkat kedua penantang kelas ringan (61,2 kilogram) WBA sedangkan calon lawannya menempati peringkat keempat. Crolla memiliki rekor bertarung 33 kali menang (13 di antaranya dengan KO), enam kali kalah, serta tiga kali seri.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar