Pejabat: Baubau Pusat Pertumbuhan Ekonomi

id baubau umkm

arsip - Kadis Koperasi dan UMKM Sultra, Hery Alamsyah (kanan), Kadis Koperasi UKM Baubau, Syamsul Bahri (kiri) dan Pegawai Bank Sultra Cabang Baubau, pada kegiatan pelatihan kewirausahaan, di Baubau, Selasa. (foto Antara/Yusran) (foto Antara/Yusran/)

Baubau  (Antaranews Sultra) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Sulawesi Tenggara, Hery Alamsyah mengatakan, salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di provinsi itu adalah Kota Baubau.

"Dari kasat mata sudah bisa kita tahu bahwa pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Baubau nomor dua dari Kota Kendari, karena tempatnya yang strategis dengan memiliki pelabuhan dan mungkin historis sejarah," ujarnya, di Baubau, Selasa.

Adapun faktanya Baubau menjadi salah satu pusat pertumbuhan di Sultra, menurutnya, terbukti kalau ada perhitungan inflasi hanya Kota Kendari dan Baubau yang mewakili Sultra, sehingga sudah menggambarkan bahwa kegiatan perekonomian pusatnya adalah Kendari dan Baubau.

Selain itu, kata dia pula,  pelaku UMKM akan lebih banyak berdomisili di Baubau ketimbang di daerah sekitarnya.

"Tentu saja kalau bicara soal perekonomian tidak terlepas dari Koperasi dan UMKM," kata Hery, pada kegiatan Pelatihan Kewirausahaan di Kota Baubau.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan kewirausahaan itu sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas UMKM agar dapat menjadi pilar ekonomi rakyat yang semakin kokoh dan kuat.

"Pemerintah sangat menyadari bahwa pelaku-pelaku usaha mikro kita merupakan salah satu pilar ekonomi bangsa yang tahan terhadap perubahan ekonomi seperti krisis moneter maupun naiknya dolar, karena pengalaman selama ini membuktikan sehingga akan hal ini salah satu program pemerintah," katanya.

Dia juga menambahkan, program wirausahaan pemula khususnya di Dinas Koperasi dan UMKM merupakan salah satu program dalam 100 hari Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Lukman Abunawas.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar