Dinas Koperasi Sultra Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Baubau

id dinas koperasi

Kadis Koperasi dan UMKM Sultra, Hery Alamsyah (kanan), Kadis Koperasi UKM Baubau, Syamsul Bahri (kiri) dan Pegawai Bank Sultra Cabang Baubau, pada kegiatan pelatihan kewirausahaan, di Baubau, Selasa. (foto Antara/Yusran)

Baubau (Antaranews Sultra) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar pelatihan kewirausahaan di Kota Baubau.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Hery Alamsyah, di Baubau, Selasa, mengatakan, kegiatan pelatihan itu untuk meningkatkan produktifitas UMKM agar dapat menjadi pilar ekonomi rakyat yang semakin kokoh dan kuat.

"Pemerintah sangat menyadari bahwa pelaku-pelaku usaha mikro kita merupakan salah satu pilar ekonomi bangsa yang tahan terhadap perubahan ekonomi, misalnya naiknya dolar," katanya.

Karena, menurutnya, pengalaman selama ini membuktikan bahwa yang paling tahan terhadap krisis moneter adalah pelaku UKM, sehingga akan hal ini salah satu program pemerintah.

Dia juga mengatakan, kegiatan yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Koperasi itu sangat bermafaat, karena selain mendapatkan materi dari Bank Sultra tentang perkreditan dengan bunga sangat rendah, juga dari dinas koperasi menyangkut persyaratan-persyaratan program yang bisa menjadi pengetahuan bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya.

"Salah satu program pemerintah  sejenis hibah atau bukan pinjaman adalah bantuan Wirausaha Pemula (WP) yang ketegorinya
baru mulai tumbuh minimal enam bulan hingga satu atau dua tahun yang direkomendasikan dari dinas koperasi kabupaten/kota," katanya.

Hery juga mengatakan, pelaksanaan pelatihan kewirausahaan tahun 2018 selain di Baubau, juga digelar di empat daerah lainnya, yakni Kabupaten Kolaka, Konawe, Konawe Selatan, dan Kabupaten Muna.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Baubau, Syamsul Bahri mengatakan, peserta pelatihan yang diikuti sebanyak 90 peserta tersebut tersebar dari seluruh kelurahan daerah itu.

"Pelatihan ini juga dalam rangka meningkatkan daya saing. Disamping itu, pelatihan ini akan mengeluarkan sertifipat bagi peserta pelaku UKM pemula, karena berdasarkan itu mereka nantinya bisa mendapatkan pinjaman di Bank Sultra tanpa jaminan," katanya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat pelaku usaha kecil bisa meningkatkan wawasan dan produksinya, sehingga bisa mensejahterakan diri, keluargan, dan masyarakat sekitar.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar