Baubau Siap Hadiri Kongres JKPI di Solo

id baubau jkpi

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham. (foto Antara/Yusran)

Baubau (Antaranews Sultra)  -
Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, siap menghadiri Kongres Jaringan Kota Pusaka (JKPI) di Solo, Jawa Tengah, untuk mengikuti sejumlah kegiatan yang sudah diagendakan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham, di Baubau, Minggu, mengatakan, kongres yang akan dilaksanakan 24-26 Oktober 2018 itu akan diikuti sebanyak 68 daerah kabupaten/kota yang tergabung dalam JKPI.

"Kenapa di Solo karena merupakan kota pertama dicetuskannya JKPI itu, yang kebetulan pada saat itu Wali Kota Solo adalah Pak Jokowi," katanya.

Kongres JKPI itu yang menurut informasi akan dihadiri Presiden Joko Widodo itu, lanjut dia,  merupakan kegiatan yang digelar setiap tiga tahun dengan memilih tiga ketua presedium untuk masa bakti tiga tahun itu.

"Jadi pada kongres tiga tahun lalu  di Kota Baubau dipilih tiga orang untuk masa bakti tiga tahun, yakni Wali Kota Banda Aceh (2015-2016), Bupati Gianyar (2016-2017), dan Wali Kota Baubau (2017-2018)," ujarnya.

Pada kongres JKPI itu, kata Ali Arham, ketua presedium masa bakti 2017-2018 AS Tamrin akan menyampaikan pidatonya dan menyerahkan tongkat komando kepada ketua presedium yang terpilih pada sidang itu.

Dia juga menyebutkan, kegiatan kongres di Solo itu selain akan dilaksanakan beberapa kegiatan seperti pergelaran malam seni budaya, pameran pusaka dan master class, juga para kepala daerah akan menaiki kereta kencana dalam karnaval budaya.

"Untuk master class adalah memperkenalkan ikon daerah. Tentunya Baubau akan ikut berpartisipasi dengan akan menampilkan benteng keraton," ujarnya.

Master class itu juga, kata dia, akan dibukukan dan menjadi materi pelajaran muatan lokal.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar