Dandim pastikan bantuan korban bencana sampai tujuan

id dandim bantuan

Dandim 1417/Kendari Letkol Cpn Pnb Fajar Lufti Haris Wijaya. (foto Antara/ Muh Irfan)

Kendari  (Antaranews Sultra) - Komandan Kodim 1417/Kendari Letkol CPN Pnb. Fajar Luvti Haris Wijaya memastikan bahwa seluruh bantuan masyarakat yang dihimpun di Posko Bersama Markas Kodim Kendari untuk korban bencana alam dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala Sulawesi Tengah sampai tujuan dan disalurkan dengan baik

"Saya yakin semua bantuan masyarakat baik itu dari warga Kota Kendari maupun datang dari beberapa kabupaten dan kota di Sultra yang telah disumbangkan untuk saudara yang terdampak bencana di Palu, bisa tersalurkan sesuai yang kita harapkan bersama," katanya di Kendari, Kamis.

Dia mengatakan penyaluran bantuan korban bencana Palu, Sigi, dan Donggala sudah dilakukan beberapa hari melalui pengiriman jalur udara, menggunakan pesawat Hercules milik TNI.

Bahkan, katanya, sebagian bantuan dari daerah itu dikirim melalui jalur laut dan terakhir melalui jalur darat.

"Pada Rabu (10/10) malam, kita dua kali mengirim melalui jalur laut yang jumlahnya mencapai 20 ton dan melalui jalur darat sebanyak 10 mobil tronton, dan sisanya masih ada sekitar 5-6 ton yang akan dikirim dalam waktu singkat," katanya,

Ia mengatakan pengiriman bantuan ke Palu, Sigi, dan Donggala dilakukan langsung Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari Sulkarnae Kadir.

Pengiriman bantuan logistik bagi korban bencana alam di Palu masih terus akan dilakukan sepanjang bantuan yang masuk posko bersama di markas kodim setempat masih ada.

Namun, untuk proses menerima bantuan yang baru datang dari masyarakat untuk sementera dihentikan sambil menunggu informasi dari pihak posko penerimaa di Palu.

"Mulai hari ini, kami stopkan untuk sementara menerima bantuan dari masyarakat dengan catatan, setelah ada permintaan prioritas yang dibutuhkan bagi masyarakat korban bencana Palu," ujarnya.

Kodim 1417/Kendari menerima bantuan secara spontan dari masyarakat Kota Kendari dengan harapan bisa meringankan beban penderitaan para korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, Anggota Komisi IV DPRD Sultra Herry Asiku yang hadir setiap saat di posko peduli bencana Markas Kodim Kendari, mengapresiasi bantuan spontan yang datang dari masyarakat Kota Kendari karena aksi kemanusiaan mereka meringankan beban warga korban bencana alam di Sulteng.

"Harapan kita semua, bantuan masyarakat yang sudah masuk dipastikan sampai kepada warga masyarakat yang terkena bencana gempa dan tsunami di Kota Palu, Donggala, dan Sigi," tuturnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar