Layanan Publik, Bombana luncurkan pelayanan berbasis Online

id Layanan Publik, Bombana luncurkan pelayanan berbasis Online,pelayanan masyarakat,medsos

Ilustrasi. ((HO/Facebook Indonesia))

Rumbia (Antaranews SUltra) - Inspektorat Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, meluncurkan Pojok Penanganan Aduan Masyarakat (Dumas) berbasis media sosial Facebook.

"Banyaknya kritikan dan aduan masyarakat terkait pelayanan publik di sejumlah instansi memotivasi kami untuk melakukan inovasi dengan meluncurkan pelayanan aduan masyarakat berbasis media sosial," kata Inpektur Inspektorat Kabupaten Bombana Moh Subur di Rumbia, Rabu.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan melalui penyelesaian aduan yang cepat dari instansi pemerintah.

"Segala bentuk kritik maupun aduan yang disampaikan masyarakat kepada suatu instansi pemerintah merupakan bahan koreksi untuk perbaikan pelayanan," ujarnya.

Menurutnya, pelayanan itu memungkinkan seluruh lapisan masyarakat menyampaikan aduan atau laporan atas berbagai keluhan atau masalah yang mereka temukan terkait dengan birokrasi atau kinerja aparat dilapangan.

"Kami telah menyediakan pelayanan pengaduan publik secara umum melalui SMS dengan nomor 0853 9777 9188 atau dengan media sosial seperti Facebook," katanya.

Program layanan itu katanya, dibuat Inspektorat Daerah untuk mempermudah Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) guna mengoptimalkan partisipasi masyarakat sekaligus merupakan jembatan bagi masyarakat dan pemerintah untuk saling berinteraksi dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik.

"Masyarakat diminta proaktif dan memberikan penilaian terhadap kinerja dan pelayanan serta diberikan ruang kepada mereka agar dapat menyampaikan keluhan terkait pelayanan publik, sebab keluhan mereka akan menjadi input perbaikan kebijakan pembangunan sektoral di Bombana," katanya. (T.KR-SPR/C/A013/C/A013)
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar