Konawe Selatan gelar jambore kelompok siaga bencana

id konsel jambore

Kelompok Siaga Bencana se-Konawe Selatan yang mengikuti jabore di Andoolo, Kamis. (istimewa)

Andoolo (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, bekerja sama dengan United States Agency For International Development-Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (USAID-APIK) menyelenggarakan Jambore Kelompok Siaga Bencana (KSB).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yakni 20-22 September 2018, dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan, Armansyah, bertempat di Lapangan Upacara Kabupaten dan Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) di Andoolo, Kamis.?

Armansyah mengatakan, pembentukan KSB atau Tim Reaksi Cepat (TRC) Konawe Selatan diharapkan menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap upaya penanganan bencana di daerah itu.

"Baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam, maupun ulah manusia yang berakibat menimbulkan korban jiwa, harta benda, kerusakan lingkungan dan dampak fsikologi traumatik pada masyarakat," katanya.

Pembentukan TRC, kata Armansyah merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemda Konsel dalam upaya melindungi segenap warganya dari ancaman dan resiko bencana melalui upaya-upaya pengurangan resiko bencana.

"Salah satunya adalah peningkatan kesadaran dan kapasitas kemampuan TRC sehingga melahirkan kekuatan dan potensi yang dimiliki yang membuat mampu mencegah, mengurangi, siap siaga menanggulangi bencana dengan cepat dan tepat dalam kondisi apa pun," katanya.

Melalui kegiatan itu, kata dia, diharapkan menjadi awal perubahan paradigma berfikir bahwa dalam penanggulangan bencana bukan hanya di titik beratkan pada peran pemda semata tetapi melibatkan komponen masyarakat.

"Bupati Konawe Seatan telah berpesan dan mengajak kita sekalian untuk meningkatkan kebersamaan dan satu arah komando dalam penanggulangan bencana di wilayah Konsel yang kita cintai ini," katanya.

Pembukaan kegiatan itu dihadiri pula oleh Kepala BPBD Konawe Selatan, Adywarsyah Toar, dan Regional Manager USAID Wilayah Sultra, Buttu Ma`dika serta kelompok siaga bencana yang tersebar di kecamatan dan desa se-Konawe Selatan.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar