Dishub sultra siapkan langkah antisipasi lonjakan pemudik

id mudik

ilustrasi

Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik menjelang Idul Adha 2018.

"Untuk persiapan lebaran ini kami melakukan cek kendaraan angkutan umum untuk kelayakan beroperasinya,"kata Sekretaris Dishub Sultra, Ardin, di Kendari, Jumat.

Dikatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membentuk pos angkutan di pelabuhan penyebrangan dan bekerja sama dengan pihak terkait.

"Kami selalu menyiagakan personel untuk berjaga khususnya di pelabuhan penyebrangan salah satunya di penyebrangan Amolengo-Labuan. Kita sudah minta kepada PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry untuk membantu jika terjadi kepadatan pemudik dan kekurangan armada," ujarnya.

Ia yakin, dengan antisipasi itu maka tidak akan ada kepadatan atau lonjakan penumpang khusunya di pelabuhan penyebrangan, karena Idul Adha tahun lalu untuk penumpang mudik tidak terlalu signifikan.

"Tetapi berbeda dengan Idulfitri lonjakan penumpang mudik membludak," katanya.

? ?Menurut dia, membludaknya penumpang di Idul Firi lalu disebabkan karena adanya libur panjang sementara Idul Adha liburnya hanya satu hari kemudian besoknya masuk lagi baik itu anak sekolah maupun pegawai.

"Namun itu kami tetap siaga untuk lonjakan penumpang tersebut," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar