23 peserta SMN asal Sultra diberangkatkan ke Jabar

id bumn

Para peserta SMN asal Sultra sesaat sebelum dibersngkatkan dari Bandara Haluoleo Kendari, menuju Bandung Jawa Barat, Kamis. (foto Antara/Suparman)

Kendari (Antaranews Sultra) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 asal Sulawesi Tenggara (Sultra) diberangkatkan ke Jawa barat oleh PT Inalum dan PT Antam, Kamis.

PT Inalum dan PT Antam merupakan koordinator kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Sultra yang mempersiapkan pemberangkatan peserta SMN dari Sultra menuju Jabar dan akan melayani paserta SMN dari Jabar selama berada di Sultra.

Manager Community Development (PKBL) PT Inalum, Susyam Widodo, saat pelepasan peserta SMN di Bandara Haluoleo Kendari, Kamis, mengatakan peserta yang terdiri dari perwakilan masing-masing dari 17 kabupaten/kota se-Sultra dan tiga peserta difabel itu, akan mengikuti serangkaian program Siswa Mengenal Nusantara di daerah tujuan sekitar 10 hari.

Setiap kabupaten kota kata Susyam, terpilih satu orang, kecuali Kota Kendari, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe Utara masing-masing mendapat jatah dua siswa untuk mencukupi kuota 23 siswa plus tiga difabel.

"23 peserta SMN ini akan bergabung dengan masyarakat di sana dan tinggal di rumah orang tua asuh yang sudah ditentukan oleh BUMN yang menjadi koordinator kegiatan di daerah itu," ujarnya.

Program SMN ini kata dia, intinya memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk bisa mengenal Indonesia yang luas, unik, dan beranekaragam dengan mengunjungi daerah lain di luar provinsi asalnya.

"Para siswa ini akan banyak belajar di Jawa Barat sana, tentang kehidupan, budaya, pembangunan, dan lainnya sehingga diharapkan semakin menumbuhkan rasa cintanya terhadap Indonesia," katanya.?

Program BUMN Hadir Untuk Negeri katanya, merupakan tahun keempat, setelah dievaluasi, program ini dianggap bagus dan perlu terus dilanjutkan.

"Program ini dilakukan di seluruh Provinsi di Indonesia, yang dikoordinir oleh semua BUMN yang ada," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar