ASDP Baubau siap mengisi lintasan Buton Selatan

id ASDP Baubau siap mengisi lintasan Buton Selatan,rute baru

Genaral Manager ASDP Cabang Baubau, Umar Imran B. (Foto Antara/ )

Baubau (Antaranews Sultra) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri (Persero) Baubau menyatakan siap mengisi lintasan yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, ke pemerintah pusat.

"Permohonan pembukaan lintasan baru rute Batauga-Siompu-Kadatua suratnya sudah dimasukan Pemkab Buton Selatan ke Kementerian sekitar awal tahun ini namun mungkin masih diproses, tapi kalau terealisasi dan diamanahkan melayani lintasan itu kami siap," ujar General Manager ASDP Cabang Baubau, Umar Imran Batubara, di Baubau, Selasa.

Permohonan pembukaan lintasan baru rute di tiga wilayah yang masih dalam proses itu, menurutnya, sempat dikomunikasikan pihaknya ke Balai Transportasi di Kendari dan Dinas Perhubungan Sultra.

"Jadi kalau memang ditugaskan untuk mengisi lintasan itu kami siap, tapi yang perlu dibangun terlebih dulu adalah infrastruktur seperti dermaganya," katanya.

Untuk pembangunan infrastruktur itu, menurutnya, kordinasi antara pemerintah pusat dan daerah sehingga kalau permohonan tersebut direalisasi maka akan bisa cepat beroperasi.

"Visi ASDP selain membantu pemerintah dalam proses percepatan pembangunan di suatu wilayah yang belum berkembang, juga diupayakan memudahkan masyarakat untuk punya akses ke wilayah lain," katanya, seraya menyebutkan slogan ASDP bangga menyatukan nusantara.

Untuk lebih menunjang pelayanan pengguna jasa transportasi kapal feri itu, tambah dia, pihaknya tengah berupaya untuk mendapatkan tambahan kapal dari pemerintah pusat.

"Mudah-mudahan ini bisa terealisasi, karena rencana kita minta ke pusat untuk datangkan satu unit kapal dari Kantor Cabang lain untuk pengganti kapal yang? docking atau perbaikan," katanya.

Umar mengatakan sejak awal tahun hingga di pertengahan 2018 kapal ASDP yang sudah melakukan docking sebanyak enam unit dari jumlah 10 kapal yang beroperasi di 11 lintasan wilayah cabang Baubau, katanya.

(T.A056/B/M028/C/M028) 07-08-2018 14:41:46
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar