Konawe Selatan dorong pengembangan kreativitas pelaku UMKM

id konsel

Bupati Konawe Selatan, Surunudin Dangga.

Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabuaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawsi Tenggara (Sultra), terus berupaya mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin di Kendari, Jumat, mengatakan berbagai kegiatan telah dilakukan dalam meningkatkan kreativitas dan pertumbuhan UMKM di daerah itu.

"Salah satu upaya kami yakni baru saja melakukan kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran hak kekayaaan intelektual (HKI) di bidang ekonomi kreatif dengan peserta berasal dari berbagai sub sektor pelaku UMKM di Konawe Selatan," katanya.

Ia mengatakan, pelaku ekonomi kreatif di Konawe Selatan saat ini sebanyak 17.533 kelompok jenis usaha, dengan rincian 15.587 usaha mikro, kecil 1.862 dan usaha sebanyak menengah 84 kelompok.

"Pelaku ekonomi tersebut bergerak di bidang kerajinan, kuliner, percetakan, batu merah, ayam potong, meubel, desain, fotografer, film dan sebagainya, katanya.?

Ia mengatakan, pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk terus mendorong para pelaku ekonomi tersebut agar terus ekssis dan menghasilkan produk-produk berkualitas dan diminati pasar.

"Untuk meningkatkan SDM serta kreatifitas para pelaku usaha ekonomi kreatif di Konawe Selatan, maka pemda kerap melakukan workshop, pameran, fasilitasi bapak angkat, magang dan dukungan regulasi yang tidak berbelit-belit dan terjangkau untuk mendapatkan legalitas usaha," katanya.

Tujuan legalitas usaha itu, kata Surunudddin, ?diantaranya memudahkan mendapatkan modal dari perbankan atau pembiayaan lainnya, ditandai dengan terbitnya Perbup No. 7 Tahun 2017 tentang Pelimpahan Kewenangan Bupati Kepada Camat Untuk Ijin UMKM.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar