Sultra dorong peningkatan usaha sektor perikanan tangkap

id perikanan

Ilustrasi

Kendari  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mendorong peningkatan usaha sektor perikanan tangkap sebagai sektor andalan di daerah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra, Askabul Kijo, di Kendari, Minggu, mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk terus mengairahkan usaha perikanan tangkap sehingga agar semakin banyak warga yang tertarik dengan sektor ini.

"Upaya kita adalah dengan cara mendorong sektor pembiayaan dari perbankan mendukung permodalan usaha perikanan tangkap," kata Askabul.

Ia mengatakan, salah satu kendala masyarakat dalam mengembangkan usaha perikanan tangkap karena faktor permodalan yang terbatas.

"Kebijakan yang dapat mendorong tersedianya skema asuransi kapal ikan dinilai bakal mendorong pihak perbankan di berbagai daerah untuk dapat mendukung permodalan usaha perikanan tangkap," katanya.

Disebutkan, produksi perikanan tangkap di daerah itu pada 2017 sebesar 194.681 ton atau meningkat drastis dari tahun sebelumnya.

"Peningkatan produksi tersebut menunjukkan bahwa kinerja sektor kelautan dan perikanan selama setahun terakhir menunjukkan peningkatan. Meningkatnya produksi ikan tangkap di Sultra, salah satunya karena adanya bantuan kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI," katanya. 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar