Amankan Pilkada, Kepolisian kerahkan personel

id polisi

Apel pengerahan personel pengaman pilkada serentak 27 Juni 2018 (foto Antara/Sarjono)

 Kendari  (Antaranews Sultra) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara mengerahkan dua per tiga atau sekitar 3.000 perseonel menghadapi pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 Juni 2018.

 Kapolda Sultra Brigjen Polisi Iriyanto di Kendari, Sabtu, mengatakan? pengerahan personel dari Polda Sultra ke tingkat polres dalam batas wajar untuk menjamin terselenggaranya pilkada demokratis dan kondusif.

 "Pergeseran personel sesuai tingkatan bukan karena ancaman tetapi kesiagaan jajaran kepolisian demi sukses menjalankan tanggung jawab pengamanan pilkada serentak. Semua pihak mesti berharap pesta demokrasi 27 Juni 2018 berjalan lancar dan tertib," kata Kapolda Brigjen Iriyanto.

Selain pengerahakan personel taktis juga para perwira menengah dan perwira pertama menerima tanggung jawab pengendalian personel pada 17 kabupaten dan kota untuk menyukseskan pilkada gubernur-wakil gubernur Sultra, pilkada Kabupaten Konawe, pilkada Kabupaten Kolaka dan pilkada Kota Bau Bau.

 "Personel Polda Sultra siaga pada tingkat polres sedangkan personel polres dan polsek yang menguasai situasi setempat siaga di TPS. Konsep pengamanan dan penanganan situasi secara berjenjang," katanya.

 Kandidat pasangan calon pilkada diharapkan mengontrol aksi pendukung, simpatisan dan tim sukses agar sisa waktu menjelang pemungutan suara 27 Juni 2018 dalam keadaan kondusif.

Jajaran kepolisian bersama unsur aparat lainnya telah mematangkan kesiapan pengamanan pada 4.909 tempat pemungutan suara (TPS).

 Selain pengamanan penyelenggaran pemungutan suara dan pasca pemungutan suara juga aparat kepolisian bersama panwas terlibat pengawalan distribusi logistik pemilihan.

Beberapa titik distribusi logistik pemilihan berada pada wilayah terpencil dan terjauh, antara lain, Kecamatan Routa (Kabupaten Konawe), Pulau Batuatas (Kabupaten Buton Selatan) dan Pulau Runduma (Kabupaten Wakatobi).

 Sarana yang digunakan untuk mendistribusi logistik disesuaikan dengan kondisi wilayah, baik? menggunakan kendaraan bermotor, perahu, bahkan ada yang dipikul demi sukses pemilihan.

Data KPU Sultra menyebutkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.628.326 jiwa yang tersebar pada 212 kecamatan, 2.264 desa dan 4.909 TPS di 17 kabupaten dan kota.



 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar