KNPI berharap Bupati Konawe bawa semangat baru

id knpi

KNPI berharap Bupati Konawe bawa semangat baru

ilustrasi

Kendari  (Antaranews Sultra) - Pengurus DPD KNPI Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, berharap roda pemerintahan di wilayah Konawe dengan kehadiran Penjabat Bupati Tasman Taewa dapat memberikan swmangat baru bagi pembangunan wilayah ini secara berkelanjutan.

"Dengan dilantik Pj Bupati Kabupaten Konawe Tasman Taewa oleh Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi, Kamis (21/6), dapat menyelesaikan problem yang sempat ditinggalkan oleh pemerintahan sebelumnya di bawah kepemimpinan Plt Bupati Konawe," kata Ketua OKK KNPI Konawe Salim Alisman, di Kendari, Jumat.

Pengurus KNPI Kabupaten Konawe berharap dapat bersinergi dengan kepemimpinan Tasman Taewa yang juga Kepala Dinas PMD Sultra itu bisa mewujudkan Pilkada Konawe yang berintegritas, sehingga dapat menghasilkan pemimpin daerah yang visioner dalam pembangunan demi mewujudkan masyarakat sejahtera.

Salim Alisman mengatakan, dengan berakhir masa jabatan bupati Konawe periode 2013-2018 pada 17 Juni 2018 lalu, maka berakhir sudah semua rangkaian pemerintahan yang dijabat oleh pelaksana tugas bupati yang dalam hal ini dipegang Wakil Bupati Parindringi karena Bupati Kery Saiful Konggoasa kembali maju untuk periode kedua kali pada Pilkada Serentak 27 Juni 2018.

Pada Mei 2018 sempat terjadi polemik pergantian atau mutasi jabatan struktural mulai dari eselon 2 dan 4 yang digantikan para pelaksana kepala desa.

Menurut Salim tindakan tersebut menyisakan pilu dan terkesan sarat dengan kepentingan politik praktis, karena di tengah menghadapi momentum Pilkada 2018 di Kabupaten Konawe, Plt Bupati Konawe melakukan mutasi secara besar-besaran yang berdampak pada poses pemerintahan di daerah itu yang sempat memanas.

"Kami berharap selaku pengurus DPD KNPI Konawe, dengan dilantik bapak Tasman Taewa selaku Pj Bupati Konawe dapat memberikan spirit baru bagi pembangunan di Konawe yang berkelanjutan, amanah dan kondusif," ujarnya pula.

Kabupaten Konawe merupakan daerah yang masyarakatnya majemuk dan plural. Sebagai organisasi yang menaungi semua OKP di Konawe, KNPI bisa menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan program pemerintah dan mendorong pilkada yang berkualitas, kondusif dan tenteram tanpa harus saling menghujat ataupun membawa atas nama kelompok atau SARA.

"Ini merupakan tugas baru dari Pemjabat Bupati Konawe bersama-sama semua stakeholder dalam upaya mewujudkan pembangunan Kabupaten Konawe yang berkelanjutan dan gemilang," kata dia.

Pilkada Konawe diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni pasangan yang diusung partai politik yaitu Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara (KSK-GTS), diusung PAN, NasDem dan Gerindra, pasangan H Litanto dan Murni Tombili, diusung PDIP, PKB, dan Demokrat.

Lalu, pasangan H Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra yang diusung Gokar, PKS dan PBB, dan pasangan Muliati Saiman dan Mansur yang melalui jalur perseorangan.



 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022