Warga Watubangga rayakan Lebaran Ketupat

id lebaran

Masyarakat Kecamatan Watubangga Kabupatren Kolaka merayakan lebaran ketupat di Pantai Lamundre, Kamis (foto Antara/Darwis Sarkani)

Kolaka  (Antaranews Sultra) - Warga Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara merayakan Lebaran Ketupat di Pantai Lamundre, Kamis.

Pelaksanaan tradisi setiap hari ketujuh setelah Idul Fitri itu juga dihadiri warga dari Kabupaten Bombana dan kabupaten lainnya di Provinsi Sultra.

Salah seorang pengunjung dalam tradisi itu yang berasal dari Kecamatan Toari, Sunardi, mengatakan kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi setiap tahun oleh warga setempat, khususnya Suku Jawa.

"Tapi dalam perayaan Lebaran Ketupat tahun ini bukan warga Jawa saja yang merayakannya, namun semua warga Kolaka serta warga dari kabupaten lain," katanya.

Tradisi Lebaran Ketupat selain menjadi ajang silaturahim warga bersama keluarga, juga sebagai program wisata keluarga. Mereka datang ke pantai itu dengan membawa makanan sebagai sarana ritual.

Kapolsek Watubangga Iptu Arman mengatakan pihaknya menurunkan 15 personel guna menjaga dan mengamankan kegiatan tradisi yang diikuti ribuan orang tersebut.

"Tahun ini lebih banyak warga yang datang dibandingkan dengan tahun kemarin karena ada warga dari Kabupaten Bombana, Kolaka Timur, serta warga Kolaka sendiri yang datang di wisata Pantai Lamundre," ungkapnya. 



 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar