Prediksi Portugal vs Spanyol

id piala dunia

Prediksi Portugal vs Spanyol

Penyerang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo berterima kasih kepada penonton setelah timnya ditahan imbang Islandia 1-1 dalam laga penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, 14 Juni 2016. ((AFP PHOTO/FRANCISCO LEONG))

Sochi (Antaranews Sultra) - Cristiano Ronaldo adalah Portugal. Ini kali keempat baginya turun di ajang Piala Dunia, dengan bermodal 150 caps bersama timnas berjuluk "Seleccao das Quinas" itu.

Spanyol siap meladeni juara Eropa 2016 itu bermodal kepercayaan diri penuh setelah diterpa badai pergantian pelatih, dari Julen Lopetegui ke Fernando Hierro, justru sehari sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Kedua tim raksasa Iberia itu akan berduel dalam Grup B Piala Dunia 2018 yang diadakan di Fisht Olympic Stadium, Sochi, pada Jumat malam, atau Sabtu dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Sebagai kapten timnas Portugal, Ronaldo dikenal sebagai anutan sesama personel tim. Ia dikenal sebagai pemain yang mampu menginspirasi tim, bahkan mencetak banyak gol. Sementara, para penggawa Spanyol berada dalam situasi kebatinan yang oke-oke saja di bawah arahan pelatih anyar Hierro, sebagaimana tampak dari sesi latihan mereka jelang melawan Portugal.

Betapa tidak, Spanyol dihuni sederet pemain berkelas dunia, hanya saja sempat terguncang dengan warta pemecatan Lopetegui sebagai pelatih. Dengan cepat, krisis itu mencair, sebagaimana terlihat dari suasana sesi latihan yang diwarnai keceriaan dan sukacita.

Pelatih Portugal, Fernando Santos menyebut timnas Spanyol sebagai "tim terkuat dalam grup sebatas di atas kertas". Para balatentara Lusitania itu mengandalkan kerjasama tim yang padu, dengan dimotori oleh kelincahan dan kesigapan Ronaldo.

Portugal bukan tanpa masalah. Tidak mudah juga mengalahkan Spanyol dalam laga pembukaan kali ini. Ini lantaran, Tim Matador mengemban predikat sebagai salah satu raksasa sepak bola global.

Pertarungan kedua tim bakal berlangsung alot, karena masing-masing tim tidak ingin kecolongan gol. Baik Portugal maupun Spanyol bersiap beradu taktik, bahkan baku serang dengan mengandalkan corak permainan ofensif.   

Anatomi Portugal vs Spanyol:

Head-to-head:

* Spanyol dan Portugal telah bersua dalam 35 kali pertemuan. Spanyol mengemas 16 kali kemenangan, sementara Portugal mengantongi enam kemenangan, dengan 13 kali hasil imbang.
* Kedua tim sekali bertemu di ajang Piala Dunia pada 2010. Spanyol mengaramkan Portugal dengan skor 1-0 dalam babak 16 besar.

Portugal:
* Cristiano Ronaldo berperan dalam terciptanya 18 gol di babak kualifikasi kejuaraan Eropa, mencetak 15 gol dan tiga assists. Hanya saja ia belum mampu mencetak gol ke gawang Spanyol dalam kiprahnya selama 340 menit.
* Portugal menelan sekali kekalahan dari sembilan laga Piala Dunia, kalah 0-4 dari Jerman pada 2014.
* Sebagai pelatih, Fernando Santos telah tiga kali lolos dari babak penyisihan di turnamen-turnamen besar.
* Fernando Santos membawa Yunani melenggang ke babak kuarter-final di ajang Euro 2012, bahkan sampai babak 16 besar di Piala Dunia 2014, setelah itu ia membawa Portugal keluar sebagai juara Euro 2016.
* Portugal hanya mencetak satu gol dari 43 gol yang dilesakkan dari luar kotak penalti sepanjang perhelatan Piala Dunia.

Spanyol:
* Spanyol mampu lolos dari babak penyisihan grup sebanyak tiga kali dari empat Piala Dunia yang mereka ikuti. Hanya saja, mereka membukukan dua kali krmenangan dari 12 pertandingan awal turnamen (tiga kali imbang, dan tujuh kali kalah).
* Spanyol belum pernah kalah di babak penyisihan grup sejak 1993. Mereka hanya mengoleksi tiga kali kalah dari enam laga terakhir mereka di babak penyisihan grup.
* Spanyol belum pernah beroleh hasil imbang dalam ajang Piala Dunia. (sepuluh kali menang, empat kali kalah).
* Spanyol menjadi satu dari empat tim yang belum terkalahkan di babak kualifikasi, selain ada Belgia, Inggris, dan Jerman.    
* Enam personel timnas Spanyol pernah mengenyam gelar di ajang Piala Dunia 2010. Mereka adalah David Silva, Sergio Ramos, Andres Iniesta, Pepe Reina, Sergio Busquets dan Gerard Pique.
 
Prakiraan susunan pemain:

* Portugal (4-4-2):

Rui Patricio (penjaga gawang); Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Pepe, Cedric; Joao Mario, Joao Moutinho, William, Bernardo Silva; Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes

* Spanyol (4-3-3):
David De Gea (penjaga gawang); Jordi Alba, Sergio Ramos, Gerard Pique, Nacho; Sergio Busquets, Thiago Alcantara; Andres Iniesta, Isco, David Silva; Diego Costa

Data dan fakta:

Portugal:

* Tidak ada keraguan bagi Fernando Santos untuk menurunkan Pepe yang siap meneror jantung pertahanan Spanyol. Bruno Alves, Jose Fonte dan Ruben Dias kini berkompetisi untuk dapat menempati lini pertahanan Portugal.
* Cédric Soares diharapkan bersiap di bangku cadangan guna menempati posisi bek kanan manakala melawan Spanyol nanti.
* Goncalo Guedes dan Bruno Fernandes yang tampil mengesankan ketika melawan Algeria pada pekan lalu, siap diturunkan sebagai starting XI.

Spanyol:
* Julen Lpetegui dipecat pada Rabu pekan ini, dua hari menjelang laga pembukaan melawan Portugal.
* Daniel Carvajal kembali berlatih meski ia diragukan tampil dalam nanti, sementara Álvaro Odriozola siap bermain.
* Diego Costa, Rodrigo dan Iago Aspas siap bahu membahu melancarkan serangan ke jantung pertahanan Portugal. Penampilan ketiganya menunjukkan grafik meningkat jelang Piala Dunia.
* Koke dan Thiago Alcántara bersaing mendapatkan posisi gelandang, bersama dengan Sergio Busquets and Andres Iniesta.

Prediksi Man of the Match (whoscored):
1.Cristiano Ronaldo (30 persen)
2.Isco (20 persen)
3.Diego Costa (15 persen)
4.David Silva (10 persen)
5.Rui Patrício (5 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Portugal berperan sebagai underdog ketika berhadapan dengan Spanyol. Mereka bukan tim yang dapat dipandang sebelah mata, terbukti mampu keluar sebagai juara Euro 2016.   
* Spanyol belum terkalahkan dalam 20 pertandingan sejak terlempar dari ajang Euro 2016. Hanya saja, pemecatan Lopetegui masih menyisakan tanda tanya besar seputar taktik yang akan diterapkan oleh Hierro di lapangan.  
* Spanyol dijagokan dapat mengalahkan Portugal dalam pertandingan ini, meski fokus pemain terguncang dengan pergantian pelatih yang terkesan "mendadak".

Prediksi hasil laga:

* Portugal: 1
* Spanyol: 2
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar