Pelni: penumpang dari timur-barat hampir seimbang

id arus mudik

Baubau (Antaranews Sultra) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara menyebutkan arus penumpang mudik Lebaran 2018 yang tiba di Pelabuhan Murhum?dari wilayah timur dan barat Indonesia jumlahnya hampir seimbang.

"Kalau dijumlah persentasenya saya belum hitung, tapi dilihat semua kapal yang masuk Baubau dan penumpang turun cukup maksimal, karena begitu penumpang turun kapal kosong," ujar Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin di Baubau, Rabu.

Menurutnya, arus penumpang dari wilayah barat, timur, tengah dan utara bervariasi. Seperti arus penumpang dari wilayah barat Makassar (Sulsel) dan wilayah timur seperti, Ambon, Namlea (Maluku), Sorong dan Fakfak (Papua).?

Sedangkan wilayah utara seperti Tarakan, Balikpapan dan Nunukan (Kalimantan).

"Orang Baubau menyebar karakternya. Jadi hampir seimbang penumpang turun. Kalau penumpang naik tidak begitu banyak," ?katanya.

Menurut dia, bila dihitung penumpang turun sejak awal Juni 2018 jumlahnya sudah sekitar 25 ribu orang, sedangkan naik sekitar 10 ribu penumpang.

"Pada H-2 Lebaran masih ada sejumlah kapal yang akan masuk lagi ke Baubau seperti dari Nunukan, Tarakan dan Balikpapan dan Makassar," ujarnya.

Akhmad Sadikin juga mengatakan, pada hari "H" Idul Fitri ?terdapat pula kapal yang akan tiba di Baubau tetapi satu unit kapal tersebut tiba malam (Sabtu).

"Saya belum tahu berapa jumlahnya. Tapi jadwalnya secara reguler," katanya. 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar