89 persen warga Konawe Selatan miliki E-KTP

id ktp

Ilustrasi

Kendari (Antaranews Sultra) - Jumlah warga Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara yang sudah memiliki dan melakukan perekaman e-KTP terhitung hingga Mei 2018 mencapai 89 persen dari total 206.783 orang wajib e-KTP di daerah itu.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga di Kendari, Senin (11/6), meminta kepada dinas terkait untuk mempercepat perekaman e-KTP bagi warga setempat.

"Saya perintahkan kepada Asisten 1, dinas terkait, para camat, kades se-Konawe Selatan agar segera melakukan percepatan perekaman e-KTP," kata dia pada sosialisasi kebijakan data kependudukan di daerah itu.

Ia mengatakan capaian perekaman e-KTP di daerah setempat masih berada di bawah target nasional.

"Kita masih di bawah dari target nasional, bisa mencapai 95 persen atau harus tuntas pada akhir Desember 2018, dengan selalu melaporkan progres persentase tersebut setiap triwulan melalui Disdukcapil, dan ini bagian dari penilaian kinerja saudara," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada para camat agar jangan mengeluarkan surat rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD kepada para kades sebelum mereka melaporkan progres perekaman e-KTP warganya.

"Sehingga urusan perekaman e-KTP benar-benar tuntas hingga di tingkat desa, termasuk data perpindahan penduduk dan data kematian," katanya.

Terkait dengan masalah pembayaran honor para operator perekaman e-KTP, pihaknya akan keluarkan perbup khusus sehingga bisa menjadi acuan dalam memberikan hak-hak mereka.

"Sehingga bisa mendapatkan `salary` yang layak termasuk para operator honorer yang ada di OPD lain yang tentunya berdampak dengan meningkatnya pelayanan kepada masyarakat," katanya. 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar