KPU Kolaka temukan kertas suara pilkada rusak

id kolaka

Beberapa staf KPU Kolaka menyaksikan surat suara pilgub Sultra yang rusak. (foto Antara/Darwis Sarkani)

Kolaka (Antaranews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menemukan sejumlah kertas suara pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur di provinsi itu rusak setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara.

Ketua KPU Kolaka, Nur Ali, di Kolaka, Kamis, mengatakan?dari hasil pelipatan kertas suara itu ditemukan 45 lembar rusak sehingga harus dibuatkan berita acara.

"Hari pertama pelipatan kertas surat suara itu ditemukan puluhan yang rusak diantaranya robek, warna pasangan calon agak buram, surat suara terkena tinta dan ada juga yang tidak ada gambar pasangan calon," katanya.

Pelipatan kertas surat suara itu kata Nur Ali melibatkan 40 orang dan akan dilaksanakan selama dua hari yang dikawal ketat aparat keamanan dari Polres Kolaka dan TNI serta tim masing-masing calon gubernur.

Menurutnya setiap orang yang melakukan pelipatan kertas surat suara diawasi oleh aparat keamanan untuk menjaga netralitas sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.

"Setiap orang yang akan pulang usai melipat kertas diperiksa oleh aparat keamanan," ungkap Nur Ali.

Pilkada Sulawesi Tenggara diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni pasangan Ali Mazi/Lukman Abunawas nomor urut 1, pasangan Asrun/Hugua nomor urut 2, dan pasangan Rusda Mahmud/M Safei Kahar dengan nomor 3.

 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar