Antam siapkan konsep wisata tambang

id antam

ilustrasi (foto Antara)

Pongkor  (Antaranews Sultra) - PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor menyiapkan konsep wisata edukasi khususnya di bidang pertambangan emas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Vice Presiden Human Capital,CSR dan Finance UBPE Pongkor, Ny Kresna Handayani, Sabtu, mengatakan sebelum memasuki pasca-tambang khususnya pertambangan emas milik Antam di Pongkor,pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah dalam mengembangkan daerah itu menjadi salah satu daerah wisata edukasi.

"Sebelum memasuki pasca-tambang kita sudah menyiapkan beberapa konsep wisata edukasi agronomi,geologi dan edukasi tourism," katanya.

Namun kata Kresna sebelum memasuki masa usia tambang pihak Antam akan melakukan pemulihan wilayah sebelum dilakukan penutupan areal tambang emas di Pongkor.

Kresna juga menjelaskan salah satu konsep wisata edukasi yang akan dibuat Antam adalah mendirikan musium tambang emas bawah tanah dengan bekerja sama balai penelitian pertambangan bawah tanah ESDM.

"Musium tambang bawah tanah ini adalah yang pertama di Pulau Jawa," ungkap Kresna.

Selain itu kata dia wisata lainnya yang akan dipersiapkan Antam khususnya di daerah Pongkor adalah mengembangkan objek wisata buah karena kondisi wilayah dan masyarakatnya di bidang pertanian.

Salah satu wilayah yang akan dikembangkan itu lanjut Kresna adalah di Cikaret karena kultur daerah pegunungan dan masuk dalam konsesi areal pertambangan emas Pongkor.

"Di Cikaret kita sudah membuat beberapa titik lokasi wisata yang hingga kini masih dalam proses pengerjaan dan penanaman beberapa tanaman buah," ungkapnya. 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar