Dandim Buton terapkan standar pengamanan pilgub Sultra

id Keamanan pigub, kodim siaga pilkada

Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Inf. Devy Dharma Putra. (Foto Antara/ Yusran)

Baubau (Antaranews Sultra) - Komandan Kodim 1413/Buton, Letkol Inf Davy Dharma Putra mengatakan personel menginginkan rencana operasi dari Kodam sebagai standar operasional prosedur dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilihan pasangan Calon Gubernur-Calon wakul gubernur Sultra 2018.

"Yang paling utama yang disampaikan kepada para personel tetap menjujung tinggi netralitas dalam melaksanakan tugas," ujar Davy di Baubau, Selasa.

Ia mengatakan, dalam rencana operasi pengamanan yang harus dilaksanakan itu telah dijelaskan baik tentang preventif, preentif dan represif.

"Untuk pengamanan ini kita tetap bersinergi dengan Polres setempat," ujarnya, seraya menyebutkan wilayah kerja Kodim 1413 Buton, yakni Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Bombana, dan Wakatobi.

Kata Davy, setiap koramil yang ada diwilayah itu, dan khusus di Baubau yang juga melaksanakan Pilkada serentak 2018 difokuskan dua koramil dan akan diperkuat dari satuan 725 serta Korem 143/Haluoleo.

"Koramil-koramil yang ada di Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Bombana, dan Wakatobi mereka tetap melaksanakan pengamanan diwilayah masing-masing dalam rangka Pilgub," ujarnya.

Sedangkan untuk jumlah personel yang akan diterjunkan dalam pengamanan Pilgub Sultra, kata dia, masih disusun jumlah nominatifnya.

"Kalau Sultra kita masih menyusun mominatif jumlah pastinya, karena selain personel Kodim kita juga ada perbantuan dari Batalyon 725," ujarnya. 
Pewarta :
Editor: M Sharif Santiago
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar