Bupati Kolaka resmikan sentra industri kecil menengah 

id kolaka

Bupati Kolaka Ahmad Safei didampingi sejumlah pejabat daerah saat membubuhkan tanda tangan peresmian penggunaan gedung SIKIM, Kamis (foto/Darwis Sarkani)

Kolaka (Antaranews Sultra) - Bupati Kolaka, Sultra, Ahmad Safei, meresmikan penggunaan bangunan sentra industri kecil menengah (SIKIM) Mekongga yang terletak di bekas lokasi pameran Halo Sultra, Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka, Kamis.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, bangunan sentra industri yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektare tersebut menelan anggaran sebesar Rp18 miliar.  Anggaran tersebut bersumber dari pemerintah pusat (APBN).

 " Bangunan ini jangan hanya menjadi pajangan saja tapi harus dikelola dengan baik," katanya menegaskan.

Menurutnya bangunan yang memiliki sekitar 24 unit gedung ini belum ditempati oleh pelaku usaha karena pemerintah akan melakukan seleksi terhadap pedagang yang nantinya menempati kios.

Dalam melakukan seleksi kepada pedagang yang akan menempati kios itu kata Safei harus membuat nota kesepahaman bersama pengelola sehingga yang mendapatkan benar-benar adalah pedagang.

"Dalam MoU itu nantinya akan disepakati antara pengelola dan pedagang yang memang mereka benar-benar gunakan untuk usaha karena akan ada sanksi jika tidak digunakan sesuai peruntukannya," ungkap Safei.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Ahmad F menjelaskan setiap pelaku usaha yang ingin mengisi sentra industri tersebut harus lebih dulu melakukan pendaftaran di instansi terkait.

 Yang pasti kata dia dilokasi Sentra Industri ini nantinya akan dijual ?berbagai jenis usaha unggulan khas daerah ?Kolaka.

"Di tempat ini nantinya jenis usaha unggulan daerah akan dipromosikan termasuk industri rumah tangga," ungkap Ahmad.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar